INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Dari Cerita Nenek Moyang, Warga Dikejutkan Temuan Bunker Tua Belanda

Irfan Wahyudi

24 January, 2020 15:05 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Dari Cerita Nenek Moyang, Warga Dikejutkan Temuan Bunker Tua Belanda

Foto : Irfan Wahyudi

KLATEN,- Adanya temuan bunker di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, membuat heboh warga setempat. Bunker tua tersebut diduga peninggalan penjajahan Belanda. 


Menurut warga setempat, bunker tersebut berasal dari cerita nenek moyang di desa, yang sebelumnya pernah mendengar cerita adanya bunker milik para penjajah Belanda.

Ternyata cerita tersebut bukan hisapan jempol belaka. Tepatnya pada waktu 1 Desember 2019 warga menemukan adanya pintu masuk menuju bunker. 


"Awalnya menemukan pintu masuk, Lalu kemudian kami memutuskan untuk menggali bunker tersebut. Ternyata benar ada bunker yang tersembunyi. Kedalamanan bunker sekitar dua meter," ujar Tokoh masyarakat Desa Cokro, Danang Heri Subiantoro, saat ditemui di lokasi, Jumat (24/1/2020). 


Saat ditemukan bunker tersebut tertutup rapat dengan tanah lumpur. Lantas tanah dan lumpur tersebut pun dibersihkan oleh warga.


"Kami berhasil masuk ke dalam dan ternyata di dalam bunker itu banyak lumpurnya sehingga kami bersihkan. Semua lumpur di dalam bunker diangkat ke atas," lanjutnya 


Proses pengerjaan untuk mengeluarkan lumpur dilakukan secara gotong-rotong oleh warga. Hasil pengukuran, bunker memiliki tinggi sekitar 2 meter dan lebar 1,9 meter.

Panjang total bungker sekitar 900 meter. 


"Tapi baru 100 meter yang kami bersihkan, ternyata diketahui Bunker ini juga ada beberapa jalan bercabang," ungkapnya. 


Pasca penemuan bunker tua ini, pihak warga sudah melaporkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Klaten. Namun, hingga ini belum ada tindak lanjut dari pihak pemerintah untuk fungsional bunker tersebut. 


"Kami berharap bunker bisa dikelola olejh pihak desa. Warga bakal menamai bungker ini berupa Bunker Pabrik Gula Cokro atau De Suikerfebriek Tjokro Toeloong Abad-18," tutur Danang. 


Ternyata penemuan bunker tua ini cukup menyedot perhatian warga dari berbagai daerah, untuk datang ke lokasi bunker berada. Warga melihat jika temuan bangunan bersejarah ini bisa menjadi potensi untuk meningkatkan objek wisata. (GGP)

You can share this post !