INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jembatan Tua Akses Utama Warga ini Sudah 18 Tahun Tidak Diperbaiki

Udin Pepeh

27 January, 2020 14:28 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jembatan Tua Akses Utama Warga ini Sudah 18 Tahun Tidak Diperbaiki

Foto : Udin Pepeh

CIREBON,- Jembatan tua di Kali Soka yang menghubungkan Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon dan Desa Kejuden, Kecamatan Depok dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.


“Sangat ironis sekali melihat kondisi jembatan yang sudah tua dan lapuk papannya dan masih digunakan oleh masyarakat. Harusnya tidak digunakan karena membahayakan,” ujar Anggota DPR RI Selly Andriani Gantina, di lokasi Senin (27/1/2020).


Informamsi yang didapat dari Pemerintah Desa Kejuden, jembatan tersebut dibangun dengan menggunakan dana bantuan dari Provinsi Jawa Barat. Kondisi tak layak pakai tersebut sudah berlangsung selama 18 tahun yang lalu dan bahkan hingga kini jembatan tersebut tak pernah di renovasi sekalipun.


“Jembatan ini menjadi akses utama jalur produktif untuk warga. Mulai dari roda perekonomian dari desa ke desa lebih cepat, termasuk anak sekolah dan pekerja yang berangkat melewati jembatan gantung ini. Jembatan ini sudah belasan tahun tidak diperbaiki,”tuturnya.


Selly meminta pemerintah daerah memanfaatkan anggaran Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan berskala nasional di Kabupaten Cirebon. Proses pengerjaan harus dilakukan secepatnya, jangan sampai memakan korban jiwa.


“pakai APBD prosesnya lama dan belum pengajuan, jadi paling cepat itu pakai CSR. Kalau Di Kabupaten Cirebon banyak perusahaan besar nasional, pemda harus bisa membantu,”paparnya. .


Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan perusahaan besar yang ada di Jakarta, tentu saja yang memiliki anggaran CSR untuk membantu perbaikan infrastruktur jembatan tersebut. (GGP)

You can share this post !