INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

2 Warga Sumedang Tewas Tertimbun Longsor , Bupati Minta Warga Waspada

Boby Roska

28 January, 2020 16:21 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - 2 Warga Sumedang Tewas Tertimbun Longsor , Bupati Minta Warga Waspada

Foto : Boby Roska

SUMEDANG,- Pasca bencana longsor hingga menelan dua orang korban meninggal dunia, membuat Pemerintah Kabupaten Sumedang bersiaga.


Longsor yang terjadi Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada hari Minggu (26/1) kemarin membuat dua orang warga bernama Elan (65) dan Apong (50) tewas tertimbun material tanah longsor. Sementara dua orang lainnya selamat dengan sejumlah luka dan masih di rawat di RSUD Sumedang.


Melihat hal ini, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengimbau kepada para warganya untuk tidak mendekati daerah rawan longsor.


”Kami menggelar rapat untuk mendengarkan kronologis kejadian dan membuat langkah antisipasi. Semua pihak sebisa mungkin bisa mencegah jatuhnya korban. Yang terpenting jangan sampai ada jatuh korban lagi. Nyawa manusia harus diutamakan,” tutur Dony, Selasa (28/1/2020).


Selain itu sebut dia, untuk mengantisipasi bencana dia mengharapkan adanya pendeteksian dini lokasi rawan bencana.


”Kemudian, para camat, lurah, dan kades terus melakukan sosialisasi secara masif ke masyarakat, agar tidak mendekati tempat rawan longsor,” kata dia.


Dony pun memberikan ucapan belasungkawa dan prohatin atas musibah yang menimpa keluarga korban yang tewas tertimbun longsor.


”Duka mendalam untuk warga korban longsor di area pesawahan Blok Malimbangan, Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan siang tadi. Dua orang warga meninggal di lokasi kejadian Bapak Elan dan Ibu Apong,” ungkapnya.


Kejadian ini bermual saat empat orang warga Lingkungan Cilipung, Kelurahan Pasanggarahan Baru, tengah berteduh di sebuah saung. Saat itu situasi sedang turun hujan lebat.


Derasnya aliran sungai membaut tanah di sekitar lokasi kejadian amblas dan menerjang para korban. Mereka pun akhirnya tertimbun. Pihak BPBD, Tim SAR, TNI – Polri dan sejumlah warga berupaya untuk mengevakuasi para korban. Namun naas, dua orang nyawanya tak terselamatkan. (GGP)

You can share this post !

BACA JUGA

ARTIKEL PILIHAN