INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Lokasi Wisata Indah Kota Wuhan Dibalik Jeruji Virus Corona

Ihsani Sasa

29 January, 2020 17:41 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Lokasi Wisata Indah Kota Wuhan Dibalik Jeruji Virus Corona

Foto : Istimewa

INSPIRA.TV,- Kota Wuhan tengah menjadi sorotan mata dunia. Kota ini mendadak menjadi buah bibir akibat titik penyebaran virus Corona yang mematikan. Kota Wuhan merupakan Ibukota Provinsi Hubei, China. Kota ini adalah kota dengan penduduk terpadat di bagian pusat Tiongkok. Wuhan sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari 3 kota yang berdekatan & terletak di lembah Sungai Yangtze.


Berdiri lebih dari 3500 tahun lalu, Wuhan disebut-sebut sebagai salah satu kota kuno atau tertua di China. Kota ini dilalui oleh dua aliran sungai besar, yakni Yangtze & Han. Itulah sebabnya Wuhan dijuluki ‘The Riverside City’ dan ‘The Chicago of China’. Tapi dibalik horornya teror virus Corona saat ini, Wuhan memiliki sudut indah dengan taman-taman, danau serta pegunungan.


Namun sayang lokasi–lokasi andalan di Wuhan untuk menarik wisatawan berkunjung ke kota ini, sudah tidak bisa lagi. Kota ini terkungkung dari dunia luar. Lantas apa saja lokasi yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan di Kota Wuhan. Berikut ini adalah tempat-tempat yang kerap dikunjungi para pelancong sebelum kota ini ditutup.


1.     Gunung Wudang


Letaknya memang bukan di dalam Kota Wuhan, namun berada di Provinsi Hubei, dimana Kota Wuhan menjadi ibukotanya. Tidak semua tahu mengenai Gunung Wudang. Namun jika sobat menonton Karate Kid tentu ingat komplek kuil yang menjadi latar film ini. Ternyata di Gunung Wudang atau Wudang Shan inilah konon tempat lahirnya Kung Fu, bela diri asal China. Kuil yang berjejer diatas pegunungan seakan menghiasi tebing tebing Wudang Shan, yang merupakan salah satu situs suci bagi penganut agama Tao.


Bahkan UNESCO memberi menganugrahi Gunung Wudang sebagai warisan budaya dunia. Memang tak mudah mencapai komplek kuil ini, perlu mendaki ribuan tangga, namun keindahan yang ditawarkan begitu tiba di puncak, akan membuat kita melupakan rasa lelah dan berpikir ‘bagaimana bisa kuil ini bisa ada di tengah tengah tebing yang curam dan terlihat begitu indahnya?’.


2.     Wuhan Yangtze River Bridge


Jembatan yang dibangun melintasi sungai Yangtze ini dibangun tahun 1955. Panjangnya yang mencapai 1,6 kilometer membuat para pengendara mobil yang berkendara diatasnya bisa menikmati keindagan sungai Yangtze selagi melewatinya. Uniknya, jembatan yang membentang diatas sungai terpanjang di Asia dan terpanjang ke-3 di dunia ini, memiliki 2 tingkat. Lapisan atas untuk mobil dan lapisan bawah untuk kereta. Tentu menyenangkan ya sobat jika bisa menikmati pemandangan Kota Wuhan dan cantiknya Sungai Yangtze dari atas jembatan ini!


3.     Kuil Guiyuan


Kuil ini terkenal sebagai tempat pusat penyebaran agama Buddha dan menjadi salah satu dari 4 kuil terbesar untuk meditasi di China. Kuil yang dibangun di awal Dinasti Qing ini berdiri di tanah seluar 49.600 meter persegi. Pada 2016 lalu kuil ini sempat mencuri perhatian publik lantaran munculnya fenomena alam hallo (lingkaran cahaya pelangi) tepat diatas patung Buddha, sehingga seolah Buddha tersebut bermahkota cahaya. Saat itu warga maupun turis berbondong-bondong mengunjungi kuil untuk mengabadikan fenomena tersebut.


4.     Museum Provinsi Hubei


Museum Provinsi Hubei merupakan salah satu museum terbaik di China. Bagaimana tidak, museum ini memamerkan sekitar 140.000 beragam koleksi benda warisan budaya. Yang menjadi daya tarik museum ini adalah peninggalan 4 kerajaan di masa lalu dan juga tengkorak manusia Yunxian yang termasuk dalam Homo Erectus Crania.


5.     East Lake


Merupakan salah satu danau terbesar di negeri tirai bambu dengan julukan ‘danau dengan 99 teluk’. Berada di selatan sungai Yangtze, danau ini merupakan objek wisata pemandangan terbesar di Wuhan. Ada berbagai atraksi yang bisa dinikmati selagi mengunjungi East Lake, seperti menjelajah budaya Chu kuno, berbagai taman dengan desain yang berbeda. Sobat juga bisa menikmati area danau dengan menaiki kapal feri. East Lake juga menjadi lokasi favorit untuk menikmati bunga bunga cantik saat musim semi tiba.


6.     Yellow Crane Tower


Menara yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Wuhan ini rasanya menjadi tempat must-to-visit jika berkunjung ke Wuhan. Menara ini dibangun tahun 1981 dengan tinggi 51,4 meter. Terdapat satu spot di tempat ini yang diberi nama ‘The First Scenery Under Heaven’ yang berarti ‘Pemandangan pertama di bawah syurga saking indahnya pemandangan yang bisa disaksikan dari lokasi ini.


Itulah beberapa tempat yang menggambarkan keindahan Kota Wuhan. Kalau anda ingin berkunjung kesana, maka harus bersabar dulu hingga kasus wabah virus Corona usai. (GGP)

You can share this post !