INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Presiden Jokowi Datangi Lokasi Longsor di Bogor dan Tanam Pohon Vetiver

Iman Kurnia

04 February, 2020 11:04 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Presiden Jokowi Datangi Lokasi Longsor di Bogor dan Tanam Pohon Vetiver

Foto : Instagram Jokowi

BOGOR,- Presiden Jokowi pada hari Senin(3/2) kemarin melakukan peninjauan ke Kampung Sinar Harapan yakni tempat tewasnya tujuh warga tertimbun longsor. Lokasi bencana ini berada di Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan disambut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bogor Ade Yasin.


Jokowi dengan mengenakan jaket bomber berwarna hijau dan topi berwarna putih polos, berjalan untuk melihat beberapa lokasi terdampak longsor dan banjir bandang di Kampung Sinar Harapan.


Sedikitnya ada tujuh warga tertimbun longsor di Kampung Sinar Harapan saat bencana yang terjadi pada Rabu (1/1). Empat korban bernama Charly (5), Asti (45), Muhammad Hudri (24), dan Rumsah (65) berhasil ditemukan di hari yang sama dalam kondisi tewas.


Sementara, tiga korban lainnya, yaitu Saroh (26), Cici (10), Amri (60) dinyatakan tewas, lantaran tak berhasil ditemukan meski Tim SAR sudah melakukan pencarian selama 14 hari sejak terjadinya bencana.


Setelah meninjau, Jokowi pun langsung melakukan aksi penanaman pohon Vetiver atau akar wangi. Jenis tanaman ini dapat mencegah tanah longsor dan banjir serta bisa memperbaiki kualitas tanah di sekitarnya.


"Jadi ini vetiver, ingin kita tanam karena fungsinya agar lahan ada tidak kritis. Akar vetiver memiliki ukuran 3-4 meter. Jadi yang ditanam bukan hanya vetiver, tapi ada buah-buahan lainnya seperti durian jambu, jengkol dan lain-lain" ujar Jokowi kepada awak media.


Dia lantas meminta agar kelak tanaman tersebut tak dicabut masyarakat setempat. Jokowi meminta warga menjaga kelestarian tanaman agar bisa bermanfaat mencegah banjir serta longsor.


"Jangan sampai tanah yang miring seperti ini dicabut karena fungsinya melindungi lahan di sini, perbukitan di sini agar tidak longsor,"kata Presiden RI.(GGP)

You can share this post !