INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Temuan 2 Arca Abad 9 Masehi, BPCB DIY Sebut Ada Candi

Dhani Irawan

04 February, 2020 14:50 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Temuan 2 Arca Abad 9 Masehi, BPCB DIY Sebut Ada Candi

Foto : Dhani Irawan

SLEMAN,- Dua arca ditemukan di Desa Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi penemuan arca tepatnya berada di titik tanah kas desa yang berada di Dusun Kalijeruk ll RT 01 RW 04. Arca itu ditemukan pekerja penggali tanah saat pembuatan kolam penampungan kotoran sapi pada Selasa (28/1) lalu.


Tim ahli dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta langsung memeriksa dua arca tersebut. Dari temuan-temuan yang ada, maka dipastikan jika di lokasi tersebut ada candi yang masih terpendam.


Dikatakan Kepala Unit Penyelamatan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB DIY, Muhammad Taufik, jika dua arca yang ditemukan adalah arca nandi dan arca agastya. Diperkirakan arca tersebut dari abad ke 9 masehi.


"Ada agastya, nandiswara, durga, ganesha, terus ada kala. Harus ada lima setiap sisi mata angin. Kalau candi harusnya ada lima," jelas Taufik, Rabu (4/2/2020).


Menurut Taufik, dengan temuan-temuan tersebut, selain dua arca dan bebatuan lainnya, mengindikasikan ada candi yang terpendam di lokasi tersebut.


"Sudah kelihatan sekali ada temuan-temuan itu, jelas ada candi. Ada batu penyusunnya, ada arcanya. Jelas ini candi," tegasnya.


Hanya saja Taufik belum bisa memastikan ukuran dari candi tersebut, karena harus melalui proses ekskavasi.


“Berdasarkan temuan arcanya kemungkinan candi berukuran kecil. Tapi itu asumsi pertama. Mungkin yang kita temukan adalah candi pewaranya atau nanti ada candi induknya, kita belum tahu,"terangnya.


Hal yang semakin menguatkan kemungkinan keberadaan candi yakni lokasi penemuan arca dan bebatuan yang jaraknya hanya sekitar 20 meter dari sungai. Kemungkinan besar, lanjut Taufik, candi di lokasi tersebut terkubur oleh lahar gunung, seperti yang pernah terjadi pada Candi Kedulan di Kalasan, Sleman. (MSN)

 

You can share this post !