INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Dampak Virus Corona Terhadap Saham Emas Berjangka Anjlok Hampir 70%

Muhammad Imran

05 February, 2020 13:14 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Dampak Virus Corona Terhadap Saham Emas Berjangka Anjlok Hampir 70%

Foto : Muhammad Imran/Makassar

MAKASSAR,- Wabah virus Corona yang saat ini sedang diantisipasi oleh beberapa negara di dunia, ternyata berdampak pada nilai saham dunia, termasuk Indonesia. Epidemik virus mematikan ini memberikan efek yang jauh lebih besar dibandingkan dengan virus SARS dalam menghadapi respon pasar saham emas berjangka.


Dikatakan oleh Branch Manager PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar, Kezia Pingkan D Massie jika epidemik Corona untuk bulan Januari mengalami penurunan yang sangat besar.


“Epidemik virus Corona lebih besar dibandingkan SARS yang terjadi pada tahun 2002 dan 2003 dulu, penurunanya 3.729 poin. Tapi untuk bulan Januari saja sekarang epidemik Corona penurunannya 3.342 poin untuk emas berjangka,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (5/2/2020).


Selisih penurunan poin dalam saham emas berjangka mencapai 387 poin. Itu artinya hampir tujuh puluh persen dampak kasus virus Corona dalam sebulan menyamai kondisi pasar ketika virus SARS yang terjadi dalam kurun waktu setahun.


Tentu saja harga saham terus mengalami anjlok selama Januari terutama dari segi penjualan Hangseng yang berasal dari negeri Hongkong. Menurut Kezia naik turunnya poin tersebut setidaknya ditentukan oleh empat pasar saham besar yakni Asia, eropa, Australia dan Amerika Serikat.


“Apa yang terjadi di Asia, tentu saja mempengaruhi saham di pasar lainnya,” lanjutnya.


Dirinya berharap kondisi ini tidak terjadi sampai satu semester. Dirinya menambahkan pengaruh tersebut semakin signifikan terutama karena posisi pembukaan pasar Asia berada di posisi kedua pada siang hari, mendahului pembukaan pasar di Eropa dan Amerika Serikat yang membuat angka saham dunia semakin anjlok. (MSN)

You can share this post !