INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Karena Virus Corona BPS Sulsel Catat Kunjungan Wisman Turun Drastis

Muhammad Imran

06 February, 2020 14:43 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Karena Virus Corona BPS Sulsel Catat Kunjungan Wisman Turun Drastis

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah/ Foto by: Muhammad Imran

MAKASSAR,- Pasca pemerintah Indonesia melarang penerbangan rute Indonesia – China maupun sebaliknya, mempengaruhi penurunan kunjungan wisatawan asing asal negeri tirai bamboo tersebut.


Tingkat kunjungan wisatawan China ke beberapa wilayah di Indonesia mengalami penurunan secara signifikan, akibat mewabahnya virus Corona yang terjadi saat ini. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah Sulawesi Selatan, penurunan kunjungan wisatawan China mencapai angka 54 persen di bulan Desember 2019 dan Januari 2020.


"Angka wisatawan asing asal China yang berkunjung ke Sulawesi Selatan itu menurun hingga 54 persen. Ini diakibatkan adanya pelarangan oleh Pemerintah Indonesia untuk penerbangan maskapai dari dan ke China akibat virus Corona," ungkap Kepala BPS Sulawesi Selatan, Yos Rusdiansyah, kepada awak media, Kamis (06/02/2020).


Rusdiansyah menambahkan, tidak menutup kemungkinan jika angka tersebut akan semakin menurun, mengingat belum adanya pencabutan larangan terhadap penerbangan maskapai yang melakukan penerbangan rute Indonesia – China.


“Sepanjang 2019 kunjungan wisman China ke Sulsel cukup tinggi, sebanyak 411 kunjungan.  Jumlah ini sekitar 5 persen dari total kunjungan wisman yang mencapai 17.771 kunjungan,”


Pelarangan penerbangan yang diputuskan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus Corona masuk ke Indonesia. (GPP)

You can share this post !