INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tercatat Sudah 1.013 Jiwa Meninggal Akibat Virus Corona, Bagaimana Nasib WNI?

Redaksi Inspira TV

11 February, 2020 12:27 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Tercatat Sudah 1.013 Jiwa Meninggal Akibat Virus Corona, Bagaimana Nasib WNI?

Ilustrasi

INSPIRA.TV,- Wabah virus Corona hingga kini masih memakan korban. Pemerintah China mencatat, jumlah orang yang meninggal akibat terinfeksi virus mematikan tersebut hingga saat ini telah mencapai 1,013 jiwa. Sebagian besar korban berasal dari China.


Melansir dari CNN, Selasa (11/2/2020), jumlah penduduk yang meninggal di China akibat virus corona dilaporkan mencapai 1,011 orang. Dua korban tewas lainnya berada di Hong Kong dan Filipina. Jumlah orang di seluruh dunia yang terinfeksi virus tersebut sampai detik ini tercatat mencapai 42,500 jiwa.


Pusat wabah virus corona di Provinsi Hubei hingga kini tercatat ada 974 orang yang meninggal akibat terinfeksi. Sebanyak 103 orang di antaranya meninggal poada hari Senin (10/2) kemarin.


Lebih dari 25 ribu penduduk Hubei dirawat akibat virus corona. Dari jumlah itu ada 1,298 berada dalam kondisi kritis.


Secara tegas Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan pemerintah bakal memulangkan atau mengevakuasi lagi warga negara Indonesia (WNI), yang berada di sejumlah provinsi di negara tirai bambu. Keputusan ini diambil mengingat wilayah penyebaran virus corona di negeri asalnya semakin meluas.


Saat ini, pemerintah masih melakukan persiapan terkait pemulangan tersebut. Namun, Mahendra tak menyebut pasti berapa pelajar atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dipulangkan lagi ke Indonesia dalam waktu dekat. Ia juga tidak merinci dari provinsi mana saja pelajar itu akan dipulangkan.


Menurut juru bicara juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, Indonesia dipastikan tidak masuk dalam daftar 27 warga negara asing di China yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona tipe baru.


“Kami sudah mengecek kepada pihak yang berkompeten. Hingga 10 Februari pukul 08.00 (07.00 WIB), sebanyak 27 warga negara asing di China yang didiagnosis 2019-nCoV,” kata Geng Shuang dalam pernyataan tertulisnya seperti dikutip Antara.  


Sementara itu, pihak Kedutaan Besar RI di Beijing menyebutkan, di Provinsi Hubei yang merupakan awal virus ini menyebar terdapat tujuh orang WNI. Kemudian di beberapa daerah selain Provinsi Hubei terdapat sekitar 1.800 WNI. Namun menurut Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun para WNI tersebut tidak ada yang terinfeksi 2019-nCoV.


“Kami selalu pantau terus kondisi mereka. Khusus untuk di Wuhan, hampir setiap hari saya ‘video call’,” ujarnya. (GGP)

 

You can share this post !