INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Wacana Pemusnahan Babi, Gubernur Edy : Yang Mau Memusnahkan Siapa?

Hendra Mulya

11 February, 2020 12:58 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Wacana Pemusnahan Babi, Gubernur Edy : Yang Mau Memusnahkan Siapa?

Foto : Google.com

MEDAN,- Wacana pemusanahan hewan ternak babi di Sumatera Utara (Sumut), yang di wacanakan pemerintah Sumut mendapat penolakan keras dari massa unjuk rasa suku Batak yang berdemo di depan kantor DPRD Sumut, pada hari Senin (10/2) kemarin.


Aksi ini pun mendapat tanggapan dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dirinya membantah Pemprov Sumut akan memusnahkan ternak babi akibat wabah hog cholera dan African swine fever (ASF).


"Yang mau memusnahkan siapa? Ini kan musibah. Semua orang kan nggak mau ini terjadi. Untuk itu, mari semua sama-sama mencarikan solusi mengatasi hal ini," ujar Edy Rahmayadi, Selasa (11/2/2020).


Dia menjelaskan, Pemprov Sumut terus menggelar pertemuan dengan seluruh stakeholder terkait, untuk penanganan wabah hog cholera dan ASF yang menghantui para peternak dalam beberapa bulan terakhir.


Menurutnya, sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi virus yang menyebabkan kematian 46.600 ekor babi. Satu-satunya langkah hanya pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang ternak.


"Selanjutnya babi-babi yang terinfeksi hog cholera akan kami musnahkan. Yang terinfeksi ya karena memang belum ada obatnya. Toh akhirnya juga akan mati," kata mantan Pangkostrad tersebut.

 

Edy melanjutkan, demi mencegah wabah hog cholera meluas ke wilayah lain, babi asal Sumut tak diizinkan keluar daerah.


"Kalau kami izinkan keluar, babi yang di luar nanti terjangkit. Akhirnya semua nanti terkena lagi," ujarnya.


Edy tidak mau berspekulasi jika aksi demo tersebut ada indikasi dipolitisasi. Secara tegas Edy mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus melakukan tindakan penyelesaian virus hog cholera dan African Swine Feverse agar tidak banyak lagi babi di Sumut mati. (GGP)

You can share this post !