INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mega Skandal Korupsi Jiwasraya Tak Hanya Goreng Saham Saja Tapi Cuci Uang Berjamaah

Raka Prawira

11 February, 2020 15:06 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Mega Skandal Korupsi Jiwasraya Tak Hanya Goreng Saham Saja Tapi Cuci Uang Berjamaah

Ket Foto: Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung Hari Setiyono/ by Raka Prawira

JAKARTA,-  Penyidikan kasus mega skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya yang merugikan negara hingga Rp 13 triliyun ternyata tak semata soal jual beli saham. Kejaksaan Agung (Kejakgung) mengatakan penyidikan terhadap kasus gagal bayar yang dialami perusahaan asuransi milik negara tersebut menyasar tindak pidana korupsi dan pencucian uang (TPPU).


Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung Hari Setiyono mengatakan, penyidik meyakini adanya keterlibatan sejumlah pebisnis saham yang melakukan perbuatan pidana dalam transaksi dengan perusahaan asuransi plat merah tersebut.


"Penanganan perkara Jiwasraya ini, tidak hanya an sich menjual saham. Tetapi mungkin ada kerja sama dalam bentuk lain (perbuatan pidana), dan penyidik menemukan itu," ungkapnya di Kejakgung, Jakarta, Selasa (11/2/2020).


Hari menegaskan, terkait dengan penetapan tersangka kepada Benny Tjokro, dirinya menyatakan jika penyidikan lanjutan terhadap Benny Tjokro bukan hanya terkait jual beli saham, melainkan sangkaan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 UU Tipikor 20/2001 dan TPPU.


Penyidik menduga adanya kerja sama dalam melakukan korupsi secara bersama-sama oleh para penjahat kerah putih, dengan melibatkan peran Benny Tjokro dalam kasus Jiwasraya.


Selain itu, penyidik meyakini uang hasil korupsi Jiwasraya yang dinikmati Benny Tjokoro bersama perusahaannya dengan cara melakukan pencucian uang.


"Jadi dia sebagai posisi katakanlah komisaris PT Hanson yang terlibat dalam hal yang disangkakan itu. Terutama dalam tindak pidana korupsi itu. Kalau hanya soal menjual (saham), ya memang tidak ada orang salah menjual saham," kata Hari. (MSN)

You can share this post !