INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Langkah Persuasif Rutan Kelas 1 Makassar Demi Ciptakan Situasi Kondusif

Muhammad Imran - Makassar-

13 February, 2020 18:23 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Langkah Persuasif Rutan Kelas 1 Makassar Demi Ciptakan Situasi Kondusif

Ket: Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistyadi/ Foto : Muhammad Imran

MAKASSAR,- Demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban dalam Rumah Tahanan (Rutan) pihak Rutan Kelas I Makassar memberikan pengarahan terhadap 50 perwakilan warga binaan di Aula Gedung 2 Rutan Kelas I Makassar.


Pengarahan yang dilakukan Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistyadi, dilakukan pasca kerusuhan yang terjadi di Rutan Tanah Karo, Sumatera Utara pada hari Rabu (12/2) kemarin. Sulistyadi mengatakan langkah ini diambil sebagai upaya pendekatan secara persuasif.


“Artinya ayo kita sama-sama saling terbuka, apa yang menjadi keluhan kita perbaiki sehingga kehidupan yang sudah abnormal ini bisa menjadi lebih bisa diterima oleh seluruh warga binaan. Kita buatkan saluran untuk pengaduan sehingga kita bisa memperbaiki pelayanan tersebut,” tuturnya, Kamis (13/2/2020).


Sulistyadi melanjutkan, kegiatan seperti ini perlu dilakukan mengingat kondisi Rutan Kelas I Makassar over kapasitas. Tercatat kapasitas daya tampung hanya 1.000 namun terisi oleh penghuni warga binaan sebanyak 2.450 orang.


“Kami rutin masuk dari blok ke blok untuk mendengarkan apa yang menjadi keluhan,” ujarnya.


Upaya lain pun turut dilakukan seperti memberikan pembinaan rohani yang bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Makassar, dan berbagai lembaga dakwah untuk membimbing mereka dalam ilmu agama.


“Rutan Makassar bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Lembaga Dakwah baik itu pengajian maupun ceramah-ceramah dan bimbingan baca tulis Alquran. Dan harapannya akan timbul rasa perbaikan budi pekerti, perbaikan mindset dan perbaikan kultur bagi warga binaan yang ada di Rutan Makassar,” terangnya. (GGP)

You can share this post !