INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mantan Menpora Imam Nahrawi Jalani Sidang Dakwaan Kasus Suap KONI

Raka Prawira

14 February, 2020 14:26 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Mantan Menpora Imam Nahrawi Jalani Sidang Dakwaan Kasus Suap KONI

Foto : Raka Prawira

JAKARTA,- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan pada hari Jumat (14/2/2020), di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.


Dalam nota dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Ronald Ferdinand Worotikan Imam Nahrawi didakwa telah menerima uang suap senilai Rp11,5 miliar dalam perkara penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga pada KONI Tahun Anggaran 2018. Ia disebutkan menerima uang tersebut secara bersama-sama dengan Asisten Pribadinya, Miftahul Ulum.


"Telah melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga dipandang sebagai perbuatan berlanjut telah menerima hadiah atau janji," kata Jaksa KPK Ferdinand.


Dalam perkara suap KONI ini, KPK menetapkan Imam dan asisten pribadinya Miftahul Ulum sebagai tersangka. Imam disangka menerima uang sebesar Rp26,5 miliar.


Uang itu diduga merupakan imbalan atas pengurusan proposal hibah yang diajukan KONI kepada Kemenpora Tahun Anggaran 2018, imbalan sebagai ketua Dewan Pengarah Satlak Prima, dan penerimaan lainnya yang berhubungan dengan jabatan Imam sebagai Menpora. Dan diduga uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak lain yang terkait.


“Hadiah tersebut diberikan untuk percepat persetujuan dan pencairan bantuan dana hibah yang diajukan KONI pusat ke Kemenpora RI tahun kegiatan 2018 yang bertentangan kewajiban terdakwa," ucap Jaksa dengan tegas. (GGP)

You can share this post !