INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Akibat Cuaca Buruk, 20 Jadwal Penerbangan di Bandara Juanda Alami Delay

Muhammad Kholid

07 January, 2020 23:48 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Akibat Cuaca Buruk, 20 Jadwal Penerbangan di Bandara Juanda Alami Delay

SIDOARJO,- Akibat terkena dampak cuaca buruk, jam penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya mengalami delay. Dari hasil catatan yang tertulis sejak dua hari kemarin, ada sekitar 20 penerbangan siang dan malam, yang terpaksa harus ditunda jam terbangnya.


Durasi waktu yang penundaan jam terbang berkisar dari 5 hingga 35 menit, tergantung dari factor cuaca yang berada di sekitar area bandara.


Pihak pengelola bandara, memberikan kebijakan delay jam terbang kepada masing-masing maskapai penerbangan.


“Kemarin ada beberapa hari dampak dari cuaca ekstrim yang berpengaruh terhadap jadwal penerbangan kita dan semua sudah kita koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Kemarin ada 20 jadwal (delay) dengan waktu yang bervareasi,” tutur Senior Manager Airport operation and Services, trubus Suharsono, saat ditemui di Bandara Internasional Juanda, Selasa (7/1/2020).


Trubus melanjutkan, pihak pengelola bandara sendiri berjanji akan menambah runag tunggu, untuk menampung sejumlah calon penumpang pesawat yang mengalami penundaan jadwal keberangkatan.


“Kita hanya delay saja. Sehingga delay-delay kita bisa teratasi. Kedepannya kita selalu berantisipasi dari kawan-kawan Airnav , terus menara ATC juga masih terus dilakukan sesuai dengan prosedur,” lanjutnya.


Sementara itu pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, memprediksi jika konidisi cuaca buruk hujan deras di Bandara Juanda Surabaya masih akan berpeluang terjadi hingga sepekan ke depan.


“Memang di bulan Januari sama Februari ini memasuki puncak musim hujan. Untuk info cuaca kita pantau terus selama 24 jam dan kita selalu komunikasikan dengan pihak bandara dan Airnav. Sepekan kedepan hujan diprediski masih terjadi di waktu siang dan malam, “ terang Kepala BMKG Juanda, Bambang Hargiyono.


Bambang melanjutkan, curah hujan dengan intensitas tinggi saat ini akan berpengaruh terhadap jarak pandang penerbangan.


“Kita akan selalu memberikan informasi ke pihak bandara dan juga Airnav terkait dengan cuaca ekstrim kali ini. Tentunya kalau hujan ini berdampak pada jarak pandang yang rendah tentu saja berpengaruh pada jadwal keberangakatan,” pungkasnya.


EDT : MSN 

You can share this post !