INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Filosofi Koffie Talkie, Usung Misi Konsep Halal dalam Kopi Garut

Masnurdiansyah

12 January, 2020 12:30 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Filosofi Koffie Talkie, Usung Misi Konsep Halal dalam Kopi Garut

GARUT,- Tak hanya sekedar memiliki sebuah Coffe Shop yang digandrungi anak muda Kota Garut. Koffie Talkie, memiliki misi lain dari setiap tegukan kopi yang diminum.

Pria bernama Rifki Hidayat ini memang telah jatuh cinta dalam dunia usaha. Keluarganya membuka usaha toko oleh-oleh makanan khas Kabupaten Garut. Salah satunya yang paling terkenal adalah Chocodot (Coklat Dodol) yang sudah merambah pasar internasional.


Terlahir dari keluarga muslim yang taat, Rifki ingin jika produk yang dijualnya harus melalui proses yang halal. Termasuk kopi kemasan yang ia jual harus melalui sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).


“Saya ingin apa yang dibeli oleh konsumen saya itu terjamin halalnya. Dan itu harus mendapatkan sertifikasi (halal) dari MUI,” tutur pria alumni SMPN 1 Garut ini, kepada inspira.tv, Minggu (12/1/2020).


“Lebih kepada prosesnya. Jadi sebenarnya untuk kopi kemasan diperuntukan label halalnya, biar masyarakat yang beli kopi, khususnya umat muslim lebih nikmat saat mengkonsumsi kopi,” lanjutnya.


Rifki optimis jika Kopi Garut bisa melanglang buana dipelosok negara . Saat ini banyak dari Kopi Garut yang di ekspor ke luar negeri.

“Yang saya tahu Kota Garut sudah berani untuk mengenalkan kopinya ke dunia. Sudah banyak yang di ekspor seperti ke Taiwan, Amerika, dan beberapa negara lainnya,” terangnya ditengah suasana rintik hujan.


Bahkan menurut Rifki, dunia sudah mengetahui kualitas Kopi Garut, karena memiliki khas aroma harum kopi yang tajam.

Hanya saja, catatan yang harus digaris bawahi para pengekspor kopi, agar lebih konsisten dalam mengirim produknya ke luar negeri.

“Harus lebih konsisten. Misalnya saat pengiriman sampel atau contoh dari kopi itu dikirim ke luar negeri yang bagus, nah itu yang harus dijaga kualitasnya,” tutupnya.


Oleh : Masnurdiansyah

Edt : MSN 

You can share this post !