INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

3 Kunci Dalam Membangun Bisnis Ala Collega Coffee

Masnurdiansyah

16 January, 2020 17:32 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - 3 Kunci Dalam Membangun Bisnis Ala Collega Coffee

Oleh : Masnurdiansyah


GARUT,- Saat ini Coffee Shop sedang mewabah di kalangan masyarakat. Bahkan bisnis ini begitu menggiurkan, karena mampu menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang besar. Tentu saja hal itu terjadi apabila dikelola dengan manajemen yang baik dan terstruktur rapih.


Bahkan tak sedikit Coffee Shop yang harus berhenti di tengah jalan, akibat ditinggalkan oleh para konsumennya. Faktor rasa yang berubah dan terkadang tidak konsisten menjadi salah satu penyebab Coffee Shop tersebut gulung tikar.


Untuk menjalankan bisnis ini, memang gampang-gampang susah. Hanya saja beberapa faktor kunci kesuksesan perlu dipegang secara kuat. Lantas apa saja faktor yang bisa membuat umur Coffe Shop bisa bertahan lama ?


Sang pemilik Collega Coffee, Akbar Azhary berbaik hati untuk membagikan sedikit tips dari sekian banyak cara untuk melanggengkan Coffee Shop yang telah dibangun.


“Untuk membangun Coffee Shop tentu rasanya gampang-gampang susah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah mencari cara untuk menjalankan bisnis ini dan bersaing secara sehat,” paparnya saat ditemui di lapaknya, Kamis (16/1/2020).


Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk membuka warung kopi anda agar dikenal masyarakat.


1.       Manajemen dan Pengelolaan SDM


Menjalankan bisnis seperti ini memutuhkan kreatifitas dan ketelitian. Semakin banyak pesaing maka semakin besar tantangan anda untuk bisa berlomba menarik simpati konsumen. Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) adalah hal utama untuk menyamakan visi dan misi dalam melayani dan menawarkan produk kepada pembeli.


“Pengelolaan SDM terhadap karyawan itu penting, karena bagaimana caranya untuk kita agar setiap Barista membuat minuman kopi itu rasanya semuanya harus sama, walaupun beda tangan. Dan hal ini termasuk dalam membuat makanan. Jadi QC nya harus terjaga. Juga memaksimalkan kondisi yang ada di masing-masing wilayah,” kata Akbar, pria lulusan SMAN 1 Garut. 


Bahkan menurutnya beberapa bahan baku tidak tersedia di Kota Garut. Sehingga dirinya memaksa untuk mencari ke luar kota demi mendapatkan bahan baku yang ia inginkan.

“Untuk bahan baku kan terkadang di Garut tidak tersedia, tapi kita tetap harus penuhi hal itu karena bagi saya tidak ada kata untuk sold out,”tegasnya.


2.       Manfaatkan Kekuatan Media Sosial


Media sosial bahkan menjadi senjata untuk segala bidang. Memanfaatkan kekuatan media sosial secara baik akan lebih mempercepat perkembangan terhadap bisnis yang dijalankan.


“Tentu saja effort untuk media sosial itu cukup rumit karena kita harus serius memikirkan apa yang akan kita lakukan, apa saja yang harus dibuat harus terintegrasi antara owner sama tim creative, dan SDM. Sehingga dampaknya terhadap target pasaran yang kita inginkan itu terarah dengan tepat,” lanjutnya. 


Bagi Akbar media sosial akan memberikan efek yang sangat besar dalam membentuk sebuah brand yang ditawarkan kepada calon konsumen. Terbukti dengan dikemas semenarik mungkin Collega Coffee bisa menjadi salah satu primadona bagi masyarakat Garut.


“Untuk secara besar yang kita lakukan saat ini Instagram di @collega_coffee dan beberapa media lainnya,”ujarnya.


3.       Konsep Matang dan Kreatifitas


Bagi Akbar konsep merupakan salah satu pondasi awal dalam menjalankan bisnisnya. Taka da konsep sama saja dengan menjalankan bisnis tersebut secara bias dan tanpa arah. Dengan konsep yang dibuat dengan penuh kreatif, maka konsumen akan tertarik untuk kembali membuka pintu masuk.


“Jadi yang ingin membuka Coffe Shop perhatikan konsep yang kuat. Kalau hanya sekedar buka, target pasarnya tidak jelas, kepada siapa arahannya, apakah bisa ramai? apakah bisa bertahan lama? belum tentu. Yang paling sulit itu mempertahankan konsumen. Terutama dalam mempertahankan rasa,”tuturnya.


Collega Coffee sendiri sejauh ini sudah mendapatkan tempat di hati konsumen. Itu terbukti secara penilaian Collega mampu mengantongi nilai yang nyaris sempurna.


“Kalau untuk bahan baku Insya Allah kita pakai produk halal dan alhamdulillah nilai 4,5 dari 5 sebagai nilai maksimal,” tutupnya. (MSN)

You can share this post !