INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kesbangpol Tegaskan Sunda Empire Tidak Terdaftar Resmi

Boby Roska

17 January, 2020 15:22 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kesbangpol Tegaskan Sunda Empire Tidak Terdaftar Resmi

Oleh: Boby Roska


BANDUNG,- Jagat dunia maya kembali dihebohkan dengan munculnya komunitas serupa bernama Sunda Empire. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung menyatakan, komunitas tersebut tidak terdaftar sebagai mitra Pemerintah Kota Bandung.  Bahkan, keberadaannya tidak terpantau dengan jelas.


“Disini mereka memang tidak mendaftar, kalaupun ada pengajuan kita bisa lakukan proteksi. Dan untuk mendaftar pun tidak bisa sembarangan, harus mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, Jumat (17/1/2020).


Ferdi mengatakan, organisasi atau kelompok apapun tidak boleh keluar dari aturan dan konteks ketatanegaraan yang berlaku. Dirinya juga menegaskan, mendirikan atau mendeklarasikan negara di dalam Negara adalah hal yang dilarang. Hal itu berbenturan dengan undang-undang yang berlaku.


“Jelas di peraturan bahwa kita ini NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan sudah ada aturan ketatanegaraannya. Jadi tidak bisa ada negara dalam negara. Kita wajib mematuhi konteks aturan tersebut,” ujarnya.


Ferdi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan organisasi yang mengatasnamakan Sunda Empire. Pihaknya akan melakukan penelusuran secara mendalam bila peristiwa semacam ini terjadi lagi kedepannya.


“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk jangan terpancing, mari jadikan Bandung kondusif, aman, dan nyaman. Jika menemukan sesuatu yang janggal atau aneh, tolong segera laporkan kepada institusi yang berwenang,” pungkasnya. (GGP)

You can share this post !