INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bupati Bogor Tolak Stadion Digunakan Rapid Test Corona: Puskesmas dan RSUD Maksimalkan!

Iman Kurnia

26 March, 2020 12:40 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Bupati Bogor Tolak Stadion Digunakan Rapid Test Corona: Puskesmas dan RSUD Maksimalkan!

Foto : Istimewa

BOGOR INSPIRA.TV,-  Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, memastikan Rapid Tes Covid-19 untuk warga Kota Bogor tidak akan digelar di Stadion Pakansari, seperti yang diusulan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Berdasarkan kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Kota Depok, tes Covid-19 massal akan digelar di masing-masing wilayah.

 

Bupati Bogor Ade Yasin pun tidak sepakat dengan rencana Gubernur Jabar yang akan melakukan tes massal virus Corona di Stadion Pakansari.

 

"Kami bukan tidak setuju kalau diadakan tes massal virus Corona, namun karena alat tesnya terbatas, maka lebih baik 1.000 alat tersebut diserahkan ke rumah sakit yang memang sangat membutuhkan alat tersebut," tutur Ade Yasin, Kamis (26/3/2020).

 

Ia menerangkan, karena ketiadaan rapid test Covid-19 atau bahkan viral transport medium (VTM) maka puluhan PDP pun belum dilakukan tes virus Corona.

 

"Jangankan ratusan yang berstatus ODP, sejumlah PDP yang saat ini dirawat di RSUD Cibinong dan RS lainnya juga belum dilakukan tes virus corona hingga mohon ini dipertimbangkan oleh Gubernur Jawa Barat Rudwan Kamil," terangnya.

 

Lantas Ade Yasin pun menegaskan penolakan tersebut akan sangat berisiko terhadap penyebaran Corona. Maka dari itu, dirinya menyarankan agar peran Puskesmas dan RSUD lebih dimaksimalkan.

 

“Saya tidak mau mengorbankan kesehatan masyarakat dan saya sampaikan dalam rakor tidak setuju dengan rencana ini. Terlalu berisiko, lebih baik maksimalkan Pusekesmas dan RSUD," ucapnya.

 

Menurut dia, langkah rapid test di Puskesmas bisa jadi langkah memaksimalkan pencegahan dari desa.

 

"Intinya kita semua harus bahu membahu mencegah penyebaran Covid-19 ini, tapi jika peralatannya tidak memadai dan sulit didapat ini yang jadi masalah,” kata Ade. (MSN)

 

 

 

You can share this post !