INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Soal Fatwa Sterilkan Masjid dari Pengungsi Warga Tamansari, Ini Penjelasan MUI

Boby Roska

20 January, 2020 16:37 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Soal Fatwa Sterilkan Masjid dari Pengungsi Warga Tamansari, Ini Penjelasan MUI

Istimewa

BANDUNG,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Bandung Wetan, mengeluarkan surat edaran terkait adanya penyalahgunaan Masjid Al Islam oleh warga RW 11, yang terdampak penggusuran Rumah Deret Tamansari, Kota Bandung.


Pihak MUI Bandung Wetan meminta masjid harus steril dari pengungsi. Surat edaran yang dikeluarkan tersebut, pada tanggal 15 Januari 2020. Isi surat tersebut tentang penyalahgunaan Masjid Al Islam karena dimanfaatkan para pengungsi. Lantas bagaimana MUI menjelaskan hal ini?


"Betul surat edaran itu untuk menindaklanjuti tentang surat edaran kami tentang penggunaan masjid pada 15 Januari lalu. Surat edaran ini kami keluarkan atas permintaan dari

MUI kelurahan dan kecamatan," jelas Sekretaris MUI Kota Bandung Irfan Syafrudin saat dihubungui, Senin (20/1/2020).


Pihaknya menampik jika surat edaran itu dikeluarkan untuk mengusir para warga yang terkena dampak penggusuran. Sebab, penggunaan masjid secara benar harus diberlakukan oleh seluruh masjid yang ada.


Dalam surat tersebut, MUI Bandung Wetan meminta kepada seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk mengembalikan fungsi masjid sebagaimana lazimnya.

Irfan melanjutkan, surat tersebut menekankan pada fungsi utama masjid sebagai sarana ibadah. Namun dirinya pun tidak memungkiri jika ada fungsi sosial dari masjid.


"Sebetulnya tidak ada yang salah kalau dimanfaatkan untuk lokasi pengungsian korban penggusuran. Itu karena sifatnya darurat dan mereka tidak punya tempat tinggal saat itu. Tapi dengan catatan tidak ada yang dilanggar ketika tinggal di sana,"terang Irfan.


Masjid Al Islam sendiri memang sudah dimanfaatkan oleh para pengungsi sejak penggusuran rumah deret Tamansari pada hari Kamis (12/12/2019) lalu. Mereka menempati lantai dua dan pelataran masjid untuk menyimpan barang-barang. (GGP)

You can share this post !