INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jalan Nasional Sumedang-Tasik Tertutup Longsor Akibat Proyek Perumahan

Boby Roska

22 January, 2020 15:09 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jalan Nasional Sumedang-Tasik Tertutup Longsor Akibat Proyek Perumahan

Foto: Boby Roska

SUMEDANG,- Ruas jalan nasional penghubung Sumedang dan Tasikmalaya, yang terletak di kawasan Desa Rancamulya, terputus akibat longsor dengan materil lumpur. Lumpur tersebut berasal dari proyek pembangunan perumahan.


Hujan deras sepanjang hari kemarin hingga Selasa (21/1) malam tadi membuat tanah labil hingga terjadi longsor. Longsoran tebing tersebut bahkan sempat jatuh menutup Jalan Raya Sumedang-Wado, yang merupakan akses utama menuju wilayah Ganeas Situraja, Cisitu, Darmaraja, dan Wado.


Ketebalan lumpur mencapai 30 sentimeter, hingga menutup hampir sebagain ruas jalan. Sehingga kendaraan pun tak bisa melintas. Titik longsor ini berada tepat di depan sekolah SMAN 2 Sumedang. Akibatnya aktifitas para siswa pun sedikit terganggu.


“Itu longsoran dari atas , karena ada proyek pembangunan perumahan. Sekarang ini lagi nungguin angkot kita kejebak,” ujar Riska salah satu siswi SMAN 2 Sumedang saat ditemui di sekolahnya, Rabu (22/1/2020).


Petugas gabungan siaga bencana dari BPBD, TNI, POlri, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, PMI, dibantu oleh warga melakukan pembersihan material longsor, agar akses utama jalan bisa kembali dilalui kendaraan.


Menurut Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang, Yedi mengatakan, terjadinya longsor di wilayah tersebut bukan untuk pertama kalinya. Penyebabnya adalah pengerjaan Cut and Fill perumahan yang menampung banyak tanah lumpur.


“ Ini sudah ke empat kalinya. Jadi akibat adanya proyek perumahan Cut and Fill terjadi longsor yang menutup akses jalan utama nasional penghubung Sumedang – Wado ini,” terangnya di sela-sela pembersihan material lumpur.


Yang disayangkan pihak yang memiliki proyek pengembangan perumahan Tak bergeming sama seklai akibat kejadian ini. Kondisi arus lalu lintas pun sedikit terganggu , karena pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup jalan. (MSN)

You can share this post !