INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Inilah Lokasi Berlibur Sambil Belajar Sejarah Kerajaan Majapahit

Redaksi Inspira TV

23 January, 2020 17:18 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Inilah Lokasi  Berlibur Sambil Belajar Sejarah Kerajaan Majapahit

Foto : Google.com

INSPIRA TV,- Beberapa waktu lalu publik sempat dihebohkan dengan munculnya Keraton Agung Sejagat yang mengaku sebagai keturunan dari kerajaan terbesar di Indonesia Namun sang Raja Toto Santoso dan Ratu Fanni Aminadia mengaku jika mereka bukanlah keturunan dari Kerajaan Majapahit. Nah ternyata memang kerajaan Majaphit sangat besar bahkan peninggalan dari kerajaan tersebut masih terjaga hingga kini. 

Dalam sekali perjalanan, anda bisa menikmati waktu liburan sambil menggali informasi mengenai tempat-tempat penuh cerita dari masa lalu. Wilayah Mojokerto, Jawa Timur, bisa jadi salah satu kota yang bisa anda jelajahi untuk berwisata sejarah. Untuk kali ini tim Inspira.TV mengemas 4 Tempat Wisata Sejarah Andalan di Mojokerto yang telah dirangkum dari beberapa sumber.


1. Museum Trowulan Mojokerto Jawa Timur


Museum Trowulan terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Museum ini didirikan pada tahun 1987 untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Tempat Wisata ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia. 


2. Candi Brahu 


Candi Brahu adalah salah satu lokasi wisata peninggalan kerajaan Majapahit, yang memiliki beberapa fungsi penting dan menjadi peninggalan masa kejayaan kerajaan Majapahit. Candi Brahu tepatnya terletak di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Situs Candi Brahu menjadi salah satu jujukan alternatif liburan bagi keluarga untuk menghabiskan waktu. Sejarah Candi Brahu di Mojokerto sudah dibangun sejak masa raja Brawijaya I. Candi ini juga dapat dikatakan merupakan candi yang paling tua diantara candi-candi lain yang ada di Trowulan. Candi ini merupakan pandarmaan dari raja Brawijaya, mulai yang pertama sampai keempat. 


3. Mahavihara Majapahit Mojokerto Jawa Timur


Tempat Wisata Patung Buddha Tidur Maha Vihara Majapahit terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan. Lokasi ini juga masih menjadi salah satu spot wisata andalan masyarakat untuk menghabiskan akhir pekan di Mojokerto. Maha Vihara Majapahit dibangun oleh Bante Viriyanadi Mahathera pada 1989 di atas tanah seluas 20.000 meter persegi. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 bagi anak-anak, tempat ini menjadi hiburan edukatif murah meriah bagi masyarakat. Panjang patung tersebut mencapai 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Tercatat juga dalam rekor MURI sebagai Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia. Cat emas yang melapisi Patung Buddha Tidur menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Patung dibangun menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. 


4. Candi Bajang Ratu 


Tentu saja Kabupaten Mojokerto sangat banyak menyimpan peninggalan bekas kejayaan Kerajaan Majapahit. Bahkan digadang-gadang sebagai pusat kerajaan tersebut. Satu di antara buktinya adalah keberadaan Candi Bajang Ratu. Candi ini ditemukan di Dukuh Kraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi candi itu berjarak sekitar 600 meter dari Candi Tikus. Candi ini masih menyimpan misteri. Banyak hal yang belum diketahui secara pasti, baik mengenai tahun pembuatannya, raja yang memerintahkan pembangunannya, fungsinya, maupun segi-segi lainnya. Candi ini berukuran 11,5 x 10,5m dengan tinggi mencapai 16,5m dan lebar pintu 1,4m. Kata “Candi” dalam bahasa Jawa yang artinya gapura. (INSPIRA.TV)


You can share this post !