INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Cegah Virus Corona Bandara Adisutjipto Yogyakarta Periksa Seluruh Penumpang

Dhani Irawan

23 January, 2020 18:30 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Cegah Virus Corona Bandara Adisutjipto Yogyakarta Periksa Seluruh Penumpang

Foto : Dhani Irawan

YOGYAKARTA,- Pihak PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap para penumpang pesawat yang baru tiba dari luar negeri.


Seluruh penumpang yang masuk dari pintu kedatangan Bandara Internasional Adisutjipto dilakukan pemeriksaan melalui alat pemindai suhu tubuh. Mereka yang baru tiba dari Negara Malaysia dan Singapura akan dipantau oleh pihak bandara.


“Seluruh penumpang yang datang akan melewati pintu kedatangan internasional untuk dipantau suhu tubuhnya. Kami bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Yogyakarta. Telah menyediakan alat body thermal scanner di terminal kedatangan internasional untuk memantau dan mengawasi penumpang yang mendarat melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta,” papar General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, saat dihubungi Inspira.TV, Kamis (23/1/2020).


Menurut Agus apabila dari pemeriksaan para penumpang menunjukkan adanya indikasi suhu tubuh yang tidak normal, maka pihak bandara akan melakukan karantina.


“Apabila dari hasil pemeriksaan dan pantauan kami melihat adanya indikasi suhu tubuh yang tinggi terhadap penumpang maka orang tersebut akan dikarantina dalam ruang isolasi. Dan apabila berpotensi membawa penyakit atau wabah menular maka penumpang yang bersangkutan kemudian akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta,” tambah Agus.


Tak hanya penumpang, seluruh crew kabin pesawat pun akan mendapatkan pemeriksaan yang ketat sebelum meninggalkan bandara.


“Semua penerbangan internasional akan diperiksa oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan(KKP), yang artinya semua crew dan penumpang harus melalui pemeriksaan KKP di pintu kedatangan internasional," lanjutnya.


Pihak maskapai perlu menyerahkan dokumen General Declaration untuk menilai apakah terdapat penumpang sakit yang berpotensi menular atau tidak. Seluruh pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur dari pihak KKP.


Upaya antisipasi penyebaran Virus Corona di Bandara Adisutjipto  telah dilakukan beberapa hari terakhir ini. Namun hingga kini belum ada penumpang yang terindikasi mengidap virus tersebut.


“Kami akan pastikan seluruh pemeriksaan dan pengawasan terhadap kesehatan penumpang dan crew terlaksana sesuai prosedur yang dilaksanakan oleh KKP. Hingg saat ini belum ditemukan adanya penumpang yang terjangkit virus tersebut,” tandasnya. (MSN)

You can share this post !

BACA JUGA

ARTIKEL PILIHAN