INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Gedebage Banjir Lagi, Warga Tanyakan Fungsi Tol Air Masih Efektif ?

Boby Roska

24 January, 2020 00:31 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Gedebage Banjir Lagi, Warga Tanyakan Fungsi Tol Air Masih Efektif ?

Foto : Masnurdiansyah

BANDUNG,- Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung sejak sore hingga malam hari membuat ruas Jalan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat tergenang banjir. Bahkan banjir ini membuat arus lalu linntas di Jalan Soekarno-Hatta macet.


Banjir yang terjadi di kawasan tersebut memang kerap terjadi jika curah hujan besar. Untuk mengatasi banjir tersebut, Pemerintah Kota Bandung pada era Ridwan Kamil membangun tol air yang digadang-gadang bisa menjadi solusi pencegahan banjir.


Warga pun mempertanyakan, fungsi dari tol air yang sebenarnya.


“Saya sih sebagai warga sini (Gedebage), cuman heran saja katanya ada tol air tapi kok masih gini (banjir) emang masihfungsi atau henteu (masih fungsi atau tidak)?” Tanya

Galih salah seorang warga Babakan Penghulu, Kecamatan Cinambo, saat ditemui di lokasi, Kamis (23/1/2020).


Banjir di Gedebage kali ini sudah terjadi sejak pukul 18.00 WIB. Bahkan hingga pukul 22.00 air masih menggenangi kawasan tersebut. Terpantau banyak kendaraan roda dua yang didorong pemiliknya karena mogok akibat menerjang air. Bahkan tak sedikit banyak yang memutar arah hingga melawan arus untuk menghindari hadangan banjir.


"Ini pas magrib airnya mulai naik. Ya kalau di sana arah jalan ke Ujung Berung ketinggian air ada kira-kira segini (di atas betis orang dewasa) lumayan sih,” ujar Sukma yang sedang membantu mendorong kendaraan yang mogok.


Penyebab utama yang membuat kawasan Gedebage selalu mengalami banjir karena aliran air yang sempit, berkelok dan dangkal. Aliran sungai yang cukup besar melewati kawasan Gedebage. Salah satunya Sungai Cinambo yang mengalir dari Ujungberung lalu ke Jalan Rumah Sakit.


"Jadi sungai Cinambo kalau hujan deras sudah meluap di tengah posisinya itu di pinggiran pabrik, rumah penduduk dan pinggiran pasar. Saat lewati jalan raya, air meluap karena gorong-gorong saluran air di bawah jalan (Soekarno-Hatta) itu sudah dangkal dan kadang penuh sama sampah. Jadi si Luapan airnya meluber ke selokan kecil dan ke jalan," terang Mamet, warga setempat saat ditemui di lokasi. (MSN)

You can share this post !