INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kisah Pekerja EO di Makassar, Klien Batalkan Kontrak Hingga Alami Kerugian dan Mulai Berusaha Bangkit

Muhammad Imran

15 April, 2020 16:38 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Kisah Pekerja EO di Makassar, Klien Batalkan Kontrak Hingga Alami Kerugian dan Mulai Berusaha Bangkit

Foto: Dok. Pribadi

PANDEMI covid-19 berimbas ke segala sektor, termasuk industri penyelenggara acara (EO). Sejumlah pekerja Event Organizer di Kota Makassar ikut mendapat imbas dari pandemi Covid-19.


Sejak wabah covid-19masuk di kota Makassar awal Maret 2020, beberapa event terpaksa dibatalkan mengingat pemerintah pusat melarang adanya interaksi dengan orang banyak.


Imbas physical distancing tersebut dirasakan oleh sejumlah pekerja Event organizer (EO) salah satunya EO dari Idnesian. Pendiri Idnesian, Tedi Hendratno mengaku, penghasilan perusahaan yang dipimpinnya tersebut merosot dan mengalami kerugian sejak pandemi covid 19.


"Ini merupakan masa yang sangat disayangkan, ya karena ini merupakan awal tahun, di mana harusnya kita masih dalam tahap energy full charge untuk bekerja, dan kami juga sudah ada beberapa kontrak Event yang sudah harus jalani dibulan Maret dan April tapi Karena musibah dari wabah korona ini maka di pending semuanya dan kita harus menjalani masa physical distancing dengan lebih mengoptimalkan bekerja dari rumah (itu anjuran pemerintah,  makanya kita dukung,"  ujar Tedi saat dihubungi Inspira.tv, Rabu (15/04/2020).


Menurutnya bekerja di rumah atau di kantor itu sama saja, tetapi pekerja event organizer diwajibkan memang bekerja di luar rumah dan berinteraksi dengan orang banyak.


"Sebenarnya kerja di rumah atau di kantor itu sama saja,  yang jadi masalah (karena saya adalah pekerja Event) adalah karena saat masa wabah virus korona ini, semua aktivitas event, promosi pertunjukan tidak boleh dilakukan,"ujarnya.


Selama tinggal di rumah, Tedi hanya menyibukkan diri dengan menyiapkan beberapa konsep jika wabah Covid 19 telah usai dan event kembali bekerja sebagaimana mestinya.


"Pekerjaan utama saya kan adalah di bidang event dan promosi, tapi disela-sela waktu saya juga adalah seorang konsultan dibidang PR dan pemasaran, jadi yang paling banyak saya lakukan saya menulis aja sih, mumpung libur jadi bisa ada waktu untuk menyiapkan banyak materi untuk kebutuhan client dan seminar,  sudah hampir seminggu ini saya lakukan," tambahnya.


Pasca Wabah Covid-19, Tedy menargetkan untuk kembali melakukan rekonsiliasi dan koordinasi dengan beberapa clien yang akan jalankan eventnya.


"Yang pertama, pasti akan kembali melakukan rekonsiliasi dan koordinasi dengan beberapa client yang kemarin sudah akan jalan eventnya untuk bisa dilaksanakan pasca corona,  dan yang kedua karena kami kan bekerja ada target, jadi melakukan banyak hal untuk bisa menutup nilai produktivitas yang hilang pada masa korona kemarin pastinya," tutupnya. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN