INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Yuk Tumbuhkan Kreatifitas Anak Meski Harus Belajar di Rumah

Boby Roska

17 April, 2020 14:58 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Yuk Tumbuhkan Kreatifitas Anak Meski Harus Belajar di Rumah

Foto: Istimewa

KEBIJAKAN untuk belajar di rumah saja, tak mengurangi kreatifitas anak dalam mengembangkan diri. Berbagai eksperimen yang menyenangkan dapat dilakukan selama berada di rumah.


Seperti yang dilakukan Keanu R. Aidan Fillah, seorang anak berusia 6 tahun yang bersekolah di Taman Kanak-Kanak Kartika Jln Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung.


Setiap harinya Ia kerap mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang ditugaskan oleh gurunya setiap satu minggu sekali.


Didampingi orang tua, Keanu merasa senang meski untuk sementara waktu tidak dapat belajar bersama teman-temannya di sekolah.


Karena baru belajar di taman kanak-kanak, tugas-tugas yang diberikan pun lebih fokus untuk mengasah kreatifitas dan keceriaan anak. Mulai dari menggambar, mewarnai, menggunting dan melipat, serta bereksperimen dengan menggunakan benda-benda sekitar yang ada di rumah.


"Aku senang belajar di rumah, ditemani ayah sama ibu mengerjakan tugas dari bu guru," kata Keanu saat ditemui Inspira.TV di rumahnya, Jumat (17/4/2020).


Tak hanya mengerjakan yang ditugaskan gurunya, Keanu juga kerap melakukan berbagai percobaan sederhana. Seperti mencampurkan aneka pewarna makanan yang bisa menghasilkan warna pelangi, kemudian membuat gelembung sabun tidak meletus ketika disentuh, serta membuat kipas payun dari kertas lipat.


"Aku lagi buat campuran pewarna biar menjadi warna pelangi. Tuh lihat bagus kan," kata Keanu sambil menunjukan hasil karyanya.


Iim sang ibu, mengaku senang bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar bersama anaknya. Hal tersebut mengingatkannya saat masa kecil dulu yang juga pernah bersekolah di Taman Kanak-Kanak.


"Melihat tugas yang diberikan ibu guru, saya jadi ingat jaman dulu yang juga pernah TK," ujar Iim.


Meski cukup senang, kata Keanu, Ia sering merasa rindu pada teman-teman sekolahnya terutama teman satu kelas. Seperti anak TK pada umumnya, pelajaran diisi dengan kegiatan bermain sambil belajar yang mengasah keterampilan dan kreatifitas anak.I


"Iya aku kangen sama temen-temen kelas mawar, juga sama semua guru  di TK Kartika, apalagi sama bu Nunik yang sangat baik," ucap Keanu sembari menyebut guru kesayangannya. 


Kebijakan untuk berdiam di rumah, memang membuat anak-anak sekolah kerap bosan dengan aktifitas yang terbatas. Untuk itu para orang tua harus bisa kreatif dalam mengisi waktu yang menyenangkan dengan anak-anak mereka.


"Mudah-mudahan bisa cepet sekolah lagi, di sekolahbanyak teman dan banyak mainan juga jadi gak bosan," ungkap Keanu sambil tersenyum. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN

INSPIRA FINANCE
Rupiah Kamis Pagi Jatuh 55 Poin

03 September, 2020 | 13:09 WIB