INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Seperti Ramalan, Film Ini Pernah Gambarkan Situasi Layakanya Penyebaran Virus Corona

Shasa

28 January, 2020 17:00 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Seperti Ramalan, Film Ini Pernah Gambarkan Situasi Layakanya Penyebaran Virus Corona

Foto : Ilustrasi Google.com

INSPIRA.TV,- Kemunculan “Virus Corona” kini menjadi ancaman bagi keberlangsungan hidup manusia. Virus yang ditengarai berasal dari Kota Wuhan China, menyerang manusia. Belum ada pernyatan secara resmi kenapa virus ini secara tiba-tiba meneror beberapa negara yang telah terinfeksi. Virus ini cepat menyebar secara masif bahkan memakan korban jiwa. Karena itulah akhirnya Kota Wuhan, harus diisolasi oleh pemerintah setempat, warga Wuhan dilarang keluar masuk dari wilayahnya.

Tahukah sobat bahwa situasi ini ternyata telah banyak dipikirkan oleh para sutradara film terkenal yang pernah kita tonton. Berikut ini film-film yang memiliki jalan cerita mirip dengan fenomena penyebaran virus Corona:


1.     CONTAGION (2011)


Film ini menceritakan seseorang bernama Beth Emhoff (diperankan Gwyneth Paltrow) yang berangkat dari Chicago ke Minnesota tempat suaminya dan anak-anaknya. Beth pada saat itu sedang tidak enak badan, esok harinya penyakit yang diderita membuat ia meninggal, termasuk orang yang di sekitar Beth. Kematian yang dialami oleh Beth kini menyebar ke berbagai penjuru dunia.


Penyakit yang awalnya datang dari Hongkong ini menular dan menyebar dengan mudah yakni melalui media udara. Penerbangan antar negara di dunia diduga jadi penyebab penyakit ini menyebar ke berbagai wilayah. Meluasnya penyakit yang belum diketahui penyebab dan penawarnya membuat para ahli dikumpulkan untuk mencari penawar atau vaksinnya. Penyakit ini dirahasiakan oleh berbagai pihak bertujuan untuk tidak muncul kepanikan. Makin lama virus mulai membunuh penduduk bumi, padahal belum diketahui obat atau penawar yang pasti.


Tentu cerita dalam film Contagion ini langsung mengingatkan kita pada kasus virus Corona dimana orang orang di luar wilayah Wuhan mulai terinfeksi setelah beberapa orang lokal maupun turis bepergian atau pulang ke tempat asal dengan kondisi sudah terinfeksi virus Corona.


2.     LIFE (2017)


Merupakan film kolaborasi horor dan thriller. Isinya menceritakan tentang enam astronot yang dipilih untuk ditempatkan di stasiun luar angkasa. Para astronot merasa antusias ketika kapsul penjelajah mereka menemukan tanda-tanda kehidupan di Planet Mars. Ditambah lagi mereka menemukan organisme asing ber-sel tunggal dan akhirnya diambil untuk dihidupkan kembali menjadi bahan penelitian. Mereka menyebutnya dengan Calvin, ternyata tumbuh cepat dan memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Namun di luar perkiraan, dalam waktu singkat, Calvin berubah menjadi predator yang dapat memangsa siapa saja yang ditemuinya.


Termasuk para astronot yang menelitinya. Nyawa para astronot pun terancam saat Calvin berhasil kabur dan mulai menyerang satu persatu astronot yang ada di space ship. Tidak hanya nyawa para astronot, bahkan jika Calvin berhasil mencapai Bumi maka nasib umat manusia ikut terancam. Berbekal segala upaya, para astronot ini harus bergelut dengan Calvin dan berusaha untuk mencegah Calvin masuk ke Bumi walaupun nyawa menjadi taruhan.


Meskipun film LIFE bukan berkisah tentang virus, namun ada sedikit kesamaan dengan Corona, yakni spesies yang sedang dikembangkan atau diteliti oleh para ahli berhasil kabur dan menyerang atau menginfeksi orang orang disekitarnya dengan sangat cepat.


3.     OUTBREAK


Film ini menceritakan sebuah virus bernama Motaba, turunan dari virus Ebola dengan tingkat yang jauh mematikan. Virus tersebut menyebar di Kota California Amerika Serikat yang dibawa oleh monyet dari Afrika. Monyet tersebut diselundupkan melalui kapal barang. Seorang karyawan di fasilitas penangkaran hewan bernama Jimbo menyuap seorang penjaga keamanan untuk diperbolehkan membawa monyet itu ke California, kemudian dijual di pasar gelap.


Selama perjalanan, Jimbo terinfeksi virus melalui kontak muka dengan air liur monyet. Karena tidak berhasil menjual monyet tersebut, dia melepasnya ke hutan. Namun nahas, dia telah terinfeksi virus. Saat dia kembali ke rumahnya di Boston, dia mulai menunjukkan tanda-tanda terinfeksi. Dia pun menularkan penyakitnya kepada orang-orang di sekitarnya lewat sentuhan fisik. Jimbo kemudian diperiksa di rumah sakit. Tapi karena kecerobohan perawat, virus tersebut justru bermutasi menjadi virus baru dan menyebar seperti flu burung. Banyak warga terinfeksi dan keadaan darurat diumumkan. Pemerintah pun mengkarantina kota itu dan mencoba menghentikan virus tersebut.


Film Outbreak memberikan gambaran besar apa yang sedang terjadi saat ini, yakni virus yang menyebar melalui kontak fisik serta kebocoran di fasilitas lab atau rumah sakit yang membuat virus dengan cepar menyebar. Kesamaan lainnya adalah keputusan pemerintah untuk mengkarantina kota tersebut, sama seperti yang sedang terjadi di Kota Wuhan, China, tempat virus Corona berasal.


4.     THE FLU (2013)


Film dari Korea Selatan ini menceritakan tentang virus mematikan yang menjalar lewat udara dan menginfeksi orang-orang. Diceritakan virus tersebut menginfeksi warga Korea Selatan yang berjarak kurang dari 20 kilometer dari Seoul. Tepatnya di daerah Bundang, pinggiran kota Seoul. Semua kekacauan itu berawal dari karakter bernama Byung-woo yang menyelundupkan imigran gelap ke negara tersebut. Tak lama kemudian Byung-woo meninggal karena virus tak dikenal. Segera setelah itu gejala yang sama dialami sejumlah warga di Bundang.


Orang-orang tak berdaya melawan penyakit yang ditularkan melalui udara tersebut. Jumlah yang terinfeksi meningkat dengan cepat dan menyebarkan kekacauan. Sebagai tindakan pencegahan, kota yang dihuni setengah juta orang itu ditutup total oleh pemerintah. Sementara itu dokter spesialis penyakit menular beserta pekerja penyelamat, pergi untuk menemukan vaksin penawarnya. Selain itu, di bunker yang aman, politisi, pakar klinis internasional, dan ahli taktik militer mencoba mengembangkan strategi penahanan. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran virus sampai keluar perbatasan Korea.


Film The Flu sangat menggambarkan situasi penyebaran virus Corona yang sedang terjadi bukan? Baik dari proses penyebaran, kebijakan pemerintah serta proses penanganan penyebaran virus.


5.     TRAIN TO BUSAN (2016)


Film Train To Busan merupakan film sci-fi thriller produksi Korea Selatan. Train To Busan mengisahkan perjuangan penyelamatan diri penduduk Korea Selatan yang diserang wabah zombie dengan menaiki kereta ke Busan. Wabah ini menyebar melalui infeksi dari rusa yang mati karena sakit terkena virus tertentu dan berubah menjadi rusa zombie yang kemudian menyerang seorang warga, dan kemudian terus berantai menyerang warga lainnya hingga sampai ke kereta yang dinaiki oleh aktor utama yang diperankan Gong Yoo.


Film ini menceritakan perjuangan para penumpang di kereta jurusan Seoul-Busan menghindari serangan penumpang lain yang sudah terinfeksi virus zombie. Masinis kereta mengumumkan bahwa kereta akan berhenti sebelum sampai di Busan, yakni di Kota Daejon karena tentara sudah siaga menolong para penumpang, namun ternyata tentara juga sudah menjadi zombie. Sementara gerbang Kota Busan dijaga akses masuk dan keluarnya dengan sangat ketat.


Memang Train To Busan tidak bercerita tentang virus penyakit, melainkan wabah zombie. Namun ada sedikit kesamaan dengan kasus virus corona, yakni disinyalir wabah virus ini berasal dari hewan yang kemudian menginfeksi manusia. Selain itu juga beberapa kota diisolir dan ditutup akses dari dan ke tempat tersebut.

 

Gimana sobat, film mana yang sudah sobat tonton? Ternyata kasus serangan virus ini sudah digambarkan dalam beberapa film yang disebutkan diatas. Entah kebetulan atau memang ada kasus yang melatarbelakangi film maupun kasus wabah virus yang sedang merebak ini. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari kondisi seperti dalam film film diatas tadi ya, Sob. Wallahualam Bi Shawab. (GGP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN