INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

ATSDI Minta DPR RI Tetapkan RUU Penyiaran Model Single Mux

Masnurdiansyah

29 January, 2020 22:02 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - ATSDI Minta DPR RI Tetapkan RUU Penyiaran Model Single Mux

Foto : Istimewa

JAKARTA,- Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI) yang hadir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi 1 DPR RI, meminta Pembahasan Revisi Undang –Undang (RUU) Penyiaran untuk segera disahkan.


Terlebih ATSDI berharap agar DPR RI bisa menetapkan single mux yang menjadi landasan dalam penguasaan frekuensi penyiaran kedepannya. Tak dipungkiri hingga kini polemik penguasaan frekuensi masih belum menemui ujungnya, yakni soal multi mux versus single mux.


“Maka kita tidak ada opsi lain bagi kita dari asosiasi selain di undang-undang itu ditetapkan single mux,” harap Ketua ATSDI, Eris Munandar, di Gedung Komisi 1 DPR RI, Rabu (29/1/2020).


Model multi mux berarti penguasaan frekuensi dipegang oleh banyak pemegang lisensi, meliputi perusahaan –perusahaan penyiaran swasta dan pihak pemerintah. Sementara model single mux berarti sebaliknya, penguasaan frekuensi siaran sepenuhnya ada di tangan negara.


Bagi ATSDI penyiaran televisi berbasis digital selalu memegang komitmen untuk menjaga potensi ekonomi negara pihaknya selalu mendukung pengaturan siaran dikelola sepenuhnya oleh negara. Tentu saja hal ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan industri penyiaran Indonesia.


“Sejak awal ATSDI sepakat untuk menjaga potensi pemasukan ekonomi bagi negara, kemudian juga agar efektif dan efisiensinya frekuensi maka kita selalu sepakat dengan single mux, dimana pengaturan frekuensi, pengaturan metode penyebaran informasi kepada masyarakat yakni dikelola oleh negara, melalui LPP TVRI” tuturnya.


Menurutnya TVRI adalah rumah besar bagi bangsa Indonesia, sehingga kebedaraannya perlu di manfaatkan sebaik-baiknya.


“Bagi kita (ATSDI) TVRI adalah sebuah rumah yang besar untuk Indonesia. Sehingga harus kita berdayakan dan dimaksimalkan potensinya. Karena hanya TVRI yang mempunyai infrastruktur sampai ke pelosok negeri,” pungkasnya. (MSN)

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN