INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Perusakan ‘Musala’ di Minahasa Utara Viral, Polisi Beri Jawaban Begini

Redaksi Inspira TV

31 January, 2020 10:46 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Perusakan ‘Musala’ di Minahasa Utara Viral, Polisi Beri Jawaban Begini

Foto : Istimewa

MINAHASA UTARA,- Sebuah video viral di media sosial, yang memperlihatkan sejumlah warga merusak bangunan yang berfungsi sebagai balai pertemuan dan musala. Insiden ini terjadi di kawasan Perumahan Agape Griya, Desa Tumaluntung, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara, pada hari Rabu (29/1), sekitar pukul 18.20 WITA.


Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, insiden perusakan itu benar terjadi. Namun, menurut Jules yang dirusak bukanlah musala.


"Bukan perusakan musala, itu perusakan balai pertemuan, sebenarnya balai pertemuan umat muslim di Perum Griya Agape, Desa Tumalunto, Minahasa Utara," kata Kombes Jules ketika dikonfirmasi, Jumat (31/1/2020).


Soal masalah balai pertemuan yang dijadikan musala di Perumahan Griya Agape ini, bukan masalah baru. Pada bulan Juli tahun 2019 lalu, ibadah umat Islam di balai pertemuan itu dihentikan kepala desa karena tak mengantongi izin. Tempat itu berizin balai pertemuan, bukan musala.


Kejadian tersebut bermula dari warga sekitar yang mendatangi balai pertemuan untuk menanyakan perizinan sebagai tempat ibadah.


"Memang datang warga, dari sekitar Perum Griya Agape ke balai pertemuan umat muslim Al Hidayah, untuk menanyakan terkait perizinan tempat ibadah tersebut. Tapi dari warga yang ada di balai pertemuan tersebut terjadi perdebatan dan tidak bisa menunjukkan perizinan karena itu memang belum ada izin menjadi tempat ibadah, karena itu memang bukan tempat ibadah," jelas Jules.


Dirinya menambahkan, seorang terduga provokator telah diamankan polisi, namun tidak menutup kemungkinan ada pelaku lainnya yang terlibat, sehingga akan diperiksa kepolisian. Jules mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan isu yang tidak jelas sumbernya. Saat ini situasi di lokasi telah kondusif, namun aparat tetap bersiaga di sekitar tempat kejadian perkara. (GGP)

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN