INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Sempat Lepas Dari Kandang, Dua Beruang Madu di Kulonprogo Berhasil Ditangkap

Dhani Irawan

01 May, 2020 19:24 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Sempat Lepas Dari Kandang, Dua Beruang Madu di Kulonprogo Berhasil Ditangkap

Foto: Dhani Irawan

YOGYAKARTA INSPIRA.TV,- Dua Beruang Madu dari kandang konservasi kawasan Wildlife Rescue Center yang lepas pada hari Rabu ( 29/04 ) akhirnya kembali berhasil ditangkap.


Dua beruang madu (Hilarctos malayanus) lepas dari kandang konservasi di Wildlife Rescue Center (WRC) di pedukuhan Paingan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Kedua beruang madu yang masing masing bernama  Bedu, jantan umur sekitar 8 tahun, dan Tigan, betina umur sekitar 5 tahun ini lepas dari kandang tidak lama setelah petugas memberi makan siang.

"Kami baru mengetahuinya sekitar pukul 17.00 WIB,” kata Head Animal Keeper WRC, Sujarwo.

Lebih lanjut Sujarwo menjelaskan bahwa Tigan dan Bedu tinggal dalam satu kandang. Kedua satwa ini juga sudah lama berada di WRC.

Kedua satwa tersebut mendapat makan buah-buahan setiap hari yang merupkan kesukaan mereka, seperti pepaya dan semangka. Satwa diberi makan setiap pukul 10.30 dan 14.30.

Sujarwo mengungkap, pihaknya baru tahu Rabu sore. Mereka memperkirakan, beruang lepas tak lama setelah makan kedua. Tim WRC segera mencari kedua beruang. 

“Perkiraan lepas jam empat sampai setengah lima (16.00-16.30),” kata Sujarwo.

Tigan beruang betina yang bertubuh lebih kecil berhasil ditangkap lebih dulu sekitar pukul 17.30 atau sekitar satu jam kemudian. Ia masih di sekitaran kawasan WRC, sedangkan Bedu, yang bertubuh lebih besar sempat menyambangi pemukiman warga.

Setelah melewati pencarian yang melibatkan warga, kepolisian, BKSDA dan Gembiraloka zoo , satu beruang lagi yang bernama Bedu berhasil ditemukan dan ditangkap. 

Bedu berhasil ditemukan di kebun kelapa milik salah satu  warga yang berjarak kurang lebih 150 meter dari lokasi kandang konservasi. Bedu berhasil ditangkap dalam kondisi yang baik dan tidak terluka.

Kedua beruang madu itu merupakan hewan hasil sitaan dari jajaran Polda DIY  untuk menekan perdagangan ilegal satwa secara online. Beruang madu merupakan jenis beruang terkecil dari jajaran beruang. (HAP)



You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN