INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Dia Halua, Makanan Manis Tradisi Suku Melayu Saat Ramdhan dan Lebaran

Hendra Mulya

03 May, 2020 12:03 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Ini Dia Halua, Makanan Manis Tradisi Suku Melayu Saat Ramdhan dan Lebaran

Foto : Hendra Mulya

MEDAN INSPIRA.TV.- Ada yang tahu Halua? mungkin bagi sebagian orang nama Halua belum banyak diketahui, bahkan ada yang belum pernah mendengarnya.Tapi, bagi masyarakat suku Melayu Deli, Halua merupakan panganan khas yang selalu hadir disajikan saat bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

 

Halua merupakan panganan yang terbuat dari bebagai macam jenis buah dan sayuran, yang sengaja dimaniskan dengan gula putih. Untuk mendapatkan rasa manis, Halua tidak dapat langsung dinikmati, karena perlu menunggu waktu satu minggu. Semakin lama Halua diendapkan dalam air gula, maka kualitas rasanya akan semakin bagus.

 

Erwin, salah seorang pembuatan Halua yang ada di jalan Zainul Arifin, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mengatakan, sejak memasuki bulan suci Ramadhan, pesanan Halua di tempatnya terus mengalami peningkatan.

 

"Ditengah wabah Covid-19 ini, pesanan Halua semakin meningkat dari tahun biasanya. Padahal biasanya kita mengharapkan pemudik untuk membeli. Namun ternyata, meski larangan mudik diberlakukan, Alhamdulillah pesanan semakin meningkat," ujarnya, Minggu (3/5/2020).

 

Banyak ragam jenis Halua yang disajikan, mulai dari buah pepaya dan daunnya, pala, nenas, terong, asam glugur, labu, renda, kolang kaling, jagung,  wortel hingga cabai merah.

 

Bahkan kata dia, pesanan banyak datang dari warga Melayu yang ada di perantauan baik di luar daerah maupun di luar negeri.

 

"Mereka semua mesannya melalui online. Kami kemas disini, kemudian kami antar melalui pengirim kilat dan semua biaya pengiriman ditanggung oleh pemesan," terangnya.

 

Masalah harga, kata Erwin, tergantung jenis manisan yang diminati. Untuk aneka manisan sayur di jual mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 80.000. Sementara, untuk manisan campur dijual dengan harga Rp 120.000 perkilogramnya. (MSN) 

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA