INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Legitnya Minuman Sehat Susu Kurma, Banyak Nutrisinya Cocok Untuk Berbuka Puasa

Farhan Fauzan

04 May, 2020 15:46 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Legitnya Minuman Sehat Susu Kurma, Banyak Nutrisinya Cocok Untuk Berbuka Puasa

Foto: Istimewa

BERBUKA puasa dengan kurma merupakan sunnah nabi yang dianjurkan bagi umat muslim. Nah di Cianjur Jawa Barat, kurma dijadikan olahan minuman sehat yakni susu kurma jelly cokelat yang cocok dinikmati saat berbuka puasa nanti.


Ya, kurma adalah salah satu makanan yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW. Selain kaya nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, kurma juga bisa diolah menjadi makanan atau minuman, salah satunya susu kurma.


Memasuki bulan Ramadan, Wahyu Eka Sudarmawa n pemilik usaha kuliner yang berada di Jalan Aria Wiratanudatar, Cianjur menyediakan minuman khas berbuka puasa, yakni susu kurma jelly coklat.


Selain menghilangkan dahaga, olahan kurma yang satu ini diyakini menyehatkan bagi tubuh terlebih saat ini umat muslim menjalankan ibadah puasa.


"Sebenarnya sebelum mendekati ramadhon ini kita kepikiran gitu mau bikin produk apa nih yang cocok. Ramadan itu kan identiknya sama lemes kalo kerja juga kurang produktif, jadi kita berpikir apa kira-kira menu yang cocok buat orang puasa gitu. Akhirnya kita kepikiran menu susu kurma ini, pertama kan kita udah pahami bersama ya susu itu manfaatnya kaya gimana, kurma juga selain ini bagian dari sunnah nabi gitu ya dan ternyata manfaatnya juga bagus buat penambah energi buat ibu hamil dan ibu menyusui juga bagus buat menambah asi nya dan berbagai macam manfaat yang lainnya." ujar Wahyu.

 

Menurutnya pembuatan susu kurma ini cukup mudah. Pertama kurma jenis sukari terlebih dulu dipilih lalu dibuang bagian bijinya setelah itu kurma kemudian direbus beberapa menit menggunakan air agar steril dari bakteri.


Setelah mulai melembek, kurma yang telah direbus kemudian diblender lalu disaring untuk menghilangkan ampasnya. Sudah dalam kondisi cair kurma kemudian dicampur dengan susu dan madu sebagai pemanis alami yang juga kaya akan nutrisi. Agar lebih segar susu kurma pun dicampur dengan jelly cokelat sehingga menambah citarasa.


"Kita bikinya tanpa bahan pemanis, tanpa gula tanpa pengawet tanpa pemanis buatan. Jadi manisnya kita dari kurma sama ada tambahan madunya. Abis itu kita rebus, tujuan direbus ini biar sebagai sterilisasi ya biar kuman kuman patogen itu bisa mati gitu," kata Wahyu.

 

Harga susu kurma jelly terbilang cukup terjangkau. Satu botol susu kurma dihargai 10 ribu rupiah saja.


Banyak diminati pesanan susu kurma ini pun terus mengalami peningkatan selama bulan ramdhan. Agar tidak kesulitan di tengah pembatasan sosial masyarakat, bisa kok memesan susu kurma ini melalui media sosial dan siap diantar ke rumah masing-masing. (HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN