INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

RSA UGM Dapatkan Bantuan Alat Laboratorium dari BIN Percepat Penanganan Covid-19

Nuzul Nugraheni

08 May, 2020 13:09 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - RSA UGM Dapatkan Bantuan Alat Laboratorium dari BIN Percepat Penanganan Covid-19

Foto : Istimewa

SLEMAN INSPIRA.TV,- Penetapan Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan pasien Covid-19, mendapat perhatian khusus dari Badan Intelijen Negara (BIN).

 

Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal pol (Purn) Budi Gunawan, memerintahkan langsung jajarannya untuk terus membantu lembaga-lembaga penelitian dan sejumlah rumah sakit dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

 

BIN memberikan bantuan berupa alat laboratorium penanganan Covid-19 kepada RSA UGM.

 

Kali ini bantuan yang diberikan BIN untuk RSA UGM Yogyakarta antara lain berupa empat unit RT-PCR 96wheel, DNA/RNA/Protein Quantification, duan unit Sterilisator, tiga unit Refrigerator, dua unit Refrigerated Centrifuge, Incubator CO2, PCR kit Covid-19, dua unit Deep Freezer -80C, Rapid Test dan peralatan laboratorium lainnya.

 

“Melalui bantuan ini, RSA UGM Yogyakarta sebagai rumah sakit rujukan penanganan pasien covid-19, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas uji covid-19 hingga 768 spesimen pasien per hari,” ungkap Sekretaris Utama BIN, Bambang Sunarwibowo, Jumat (8/5/2020).

 

Bantuan yang diberikan oleh BIN sebagai wujud dukungan pemerintah kepada lembaga penelitian dan rumah sakit, untuk mempercepat proses deteksi virus pada spesimen klinis suspect corona, ODP dan PDP.

 

Penyerahan bantuan alat laboratorium, merupakan realisasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) BIN dengan UGM dalam pengemabangan riset untuk mengatasi penyakit infeksi dengan potensi pandemi dan kerjasama pengembangan teknologi terapeutik terhadap Covid-19.

 

“Semoga dengan pemberian bantuan ini, dapat mempercepat para petugas peneliti dalam memproses sampel terduga positif covid-19 dan kedepannya dapat menghasilkan vaksin covid-19 dan anti virus lainnya yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Bambang Sunarwibowo.

 

Sementara Rektor UGM Panut Mulyono, mengungkapkan rasa terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap BIN. Ia pun berharap dengan adanya sumbangan peralatan laboratorium ini akan meningkatkan kapasitas laboratorium RSA UGM.

 

“Bantuan ini sangat dibutuhkan oleh tenaga peneliti UGM agar dapat lebih maksimal dalam penanganan virus corona dan mendukung peneliti dalam pembuatan obat, vaksin anti-virus covid-19 dan vaksin virus penyakit menular lainnya. Semoga ini juga semakin memudahkan para tenaga peneliti dalam mempercepat penanganan para pasien dan suspect covid-19 tentunya,” kata Panut Mulyono.

 

“Semakin canggih dan cepat alat yang dimiliki untuk deteksi, maka semakin cepat pula penanganan dan kesempatan para pasien untuk sembuh, sehingga pandemic covid-19 ini bisa kita berantas lebih cepat pula, dan yang paling penting dapat menekan dan memutus mata rantai penyebaran pandemic covid-19,” tambahnya. (MSN)

You can share this post !