INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mahasiswa & Tim Dosen Fisika UIN Alauddin Makassar Buat Alat Cuci Tangan Otomatis Dengan Sistem Infra Red

Muhammad Imran

09 May, 2020 14:57 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Mahasiswa & Tim Dosen Fisika UIN Alauddin Makassar Buat Alat Cuci Tangan Otomatis Dengan Sistem Infra Red

Foto: Istimewa

MAKASSAR INSPIRA.TV,- Mahasiswa jurusan fisika dan tim dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar membuat sebuah penemuan baru yaitu dengan merakit alat pencuci tangan berbasis sensor cahaya infra merah bertenaga baterai.


Pembuatan pencuci tangan dengan sensor sangat teat dipakai di tengah merebaknya wabah Covid-19.


Cara kerja alat tersebut cukup dengan melewatkan tangan pada bagian atas perangkat maka air akan mengalir.


Alat tersebut mengandalkan baterai bertenaga 5 volt sebagai sumber arus listriknya, dilengkapi pembuangan yang memiliki sistem filtrasi alami menggunakan arang, ijuk, pasir, dan silika sehingga limbah cairan cuci tangan tidak mencemari tanah/lingkungan.


Ketua Jurusan Fisika UIN Alauddin Ihsan mengatakan, tim mulai terpikir untuk merangkai alat sederhana dengan sensor cahaya infra merah, untuk memastikan jika alat pencuci tangan benar-benar harus steril.


"Cuci tangan akan sia-sia bila keran untuk mengatur keluar dan berhentinya air masih dipegang, apalagi secara berjamaah untuk membuka atau menutupnya,” ujarnya.


Ia menambahkan bahwa masih banyak yang harus dibenahi dari alat pencuci tangan menggunakan sensor. Termasuk, tingkat sensitivitas benda atau cahaya.


"Tim kami akan terus bekerja dan kami merencanakan untuk mengajukan paten sederhana dalam waktu dekat dengan karya tersebut,” tambahnya. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN