INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Keuntungan Menurun, Pengusaha Kue Kering di Makassar Beralih Jualan Takjil

Muhammad Imran

11 May, 2020 18:57 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Keuntungan Menurun, Pengusaha Kue Kering di Makassar Beralih Jualan Takjil

Foto: Muhammad Imran

MAKASSAR INSPIRA.TV,- Semenjak wabah covid-19 melanda Indonesia, di kota Makassar, sebagian penghasilan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) menurun drastis seperti pengusaha kue kering.


Sejumlah pengusaha kue kering di kota Makassar harus beralih berjualan makanan takjil karena menurunnya peminat kue kering pada bulan Ramadhan tahun ini.


Seperti yang dialami salah satu pengusaha kue kering, Andi Istiani.


Saat ditemui di rumah produksinya di jalan Dangko Kecamatan Tamalate kota Makassar, Senin (11/05/2020), Isti yang selama 7 tahun ini membuat kue kering harus kehilangan penghasilannya. Padahal toko kue ini menjadi satu-satunya tempatnya bersama sang suami.


Biasanya Istiani bisa menjual 500 hingga 700 toples kue kering setiap Ramadhan. Kue kering Isti-pun tak hanya dijual di Makassar namun hingga ke luar kota seperti Palopo dan Mamuju Sulawesi Barat. Namun sayangnya tahun ini semua pelanggan Isti tak lagi memesan kue kering.


Untuk tetap bertahan hidup, Isti-pun banting setir dengan hanya membuat takjil yang dijual secara online dan menjual sirup untuk buka puasa.


Tak hanya kehilangan keuntungan tahunan saja, Isti juga terpaksa merumahkan 7 orang karyawannya karena tak mampu membayar gaji tanpa adanya pesanan kue .


"Tahun ini terasa sekali efek Covid 19, terpaksa saya beralih menjual takjil untuk bertahan hidup, sebagian karyawan juga, saya sudah rumahkan, inipun saya jualan online karena kalau jualan langsung biasa kurang laku," ujar Isti.


Ia menambahkan pandemi covid-19 benar-benar memukul usaha kue dan makanan miliknya, keuntungan belasan juta Rupiah yang biasa didapatkan saat Ramadhan tahun lalu kini tinggal kenangan.


"Mungkin bisa dibilang tahun ini keuntungan tinggal kenangan karena Covid-19, Ramadhan tahun lalu saya biasa dapat penghasilan hingga belasan juta Rupiah kini sudah tak sampai segitu," tambahnya. (HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA