INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mulai Bosan Di Rumah Aja? Yuk Intip Hobi Pemuda Asal Cianjur Ini Dalam Membuat Terrarium

Farhan Fauzan

14 May, 2020 13:35 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Mulai Bosan Di Rumah Aja? Yuk Intip Hobi Pemuda Asal Cianjur Ini Dalam Membuat Terrarium

Foto: Farhan Fauzan

BAGI anda yang mulai jenuh berdiam diri di rumah, aktivitas yang satu ini mungkin bisa jadi solusi. Di Cianjur Jawa Barat seorang pria menekuni pembuatan ekosistem buatan melalui media terrarium yang mungkin bisa anda jadikan referensi.


Adalah Abdul Malik, pria asal Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, yang menghabiskan waktu luangnya di rumah dengan membuat ekosistem buatan.


Hobi ini menjadikan dirinya tidak merasa jenuh ataupun penat karena harus berdiam diri di rumah. Ia pun terus berkreasi dan menuangkan imajinasinya lewat media terrarium, yakni sebuah ekosistem buatan yang ditempatkan di sebuah wadah kaca.

 

Terrarium merupakan satu dari tiga macam jenis vivarium atau tempat buatan yang menyerupai habitat asli pada ekosistem makhluk hidup, baik tanaman maupun hewan jenis lainnya. Jenis vivarium lainnya yakni aquarium yang merupakan eksosistem di dalam air dan paludarium yang menggabungkan kedua unsur yakni air dan darat 


Kali ini Abdul berkreasi membuat terrarium dengan menggunakan beberapa tanaman hidup mulai dari jenis moss, atau lumut hair grass tanaman semi aquatic seperti bucephalandra, serta beberapa tanaman lainnya. Selain itu dibutuhkan  material pendukung seperti bakteri starter penjernih air, rumah bakteri, pupuk dasar soil, serta bebatuan jenis larva rock.


Menurut Abdul, butuh ketenangan dan konsentrasi untuk bisa membuat terrarium. Tak hanya itu, pemilihan ukuran wadah dan material pendukung harus sesuai sehingga menciptakan estetika yang tentunya sedap dipandang.


Nah yang tak kalah penting, pemilihan jenis tanaman juga harus sesuai dengan eksosistem buatan yang akan dipilih, baik air ataupun darat. Terakhir kita wajib merawatnya dengan benar agar semua tanamannya tetap hidup.


"Yang harus kita perhatikan menghafal tanaman, menghafal ciri khas tanaman, kebutuhan cahayanya, makanannya, pencahayaannya, dan itu memerlukan karbondioksida. Karbondioksida itu pernapasan untuk pertumbuhan. Saya bikin ini khas di indonesia semua gitu, jadi rumput rumput-rumput seperti ini bisa kita cari di apa namanya di air terjun atau di tempat-tempatyang lembab gitu. Jadi bisalah kita manfaatkan alam tanpa merusaknya. Itu slogan kami yang memang memberikan edukasi ke temen-temen untuk mencari tanaman-tanaman seperti ini tanpa kita merusak alam, ujar Abdul.


Secara psikologis aktifitas membuat terrarium sangat positif karena membuat pembuatnya lebih rileks dan mengurangi stress. Terlebih bisa menjadi kepuasan tersendiri karena kita dapat menyaksikan langsung  pertumbuhan dari tanaman.


Bagaimana tertarik untuk mencobanya di rumah? Semua material dan tanaman bisa dipesan di toko penyedia perlengkapan aquascape. Anda pun tak harus mempunyai lahan luas, karena dengan media terrarium anda bisa menyalurkan hobi.

Tak hanya itu ekosistem melalui media terrarium ini bisa jadi peluang bisnis baru karena selain menyalurkan hobi kita juga bisa menjual karya-karya yang dibuat sambil membudidaya tanaman-tanamannya. (HAP)


You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN