INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Rumah Sakit di Bandung Raya Dapat Pasokan APD Dan Reagen Untuk Penanganan Covid-19

Agustian Putra

19 May, 2020 10:40 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Rumah Sakit di Bandung Raya Dapat Pasokan APD Dan Reagen Untuk Penanganan Covid-19

Foto: Istimewa

KAB BDG INSPIRA.TV,- Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf membagikan bantuan APD dan reagen PCR kepada sejumlah rumah sakit di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat di posko relawan Imah Rancage, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.


Bantuan 1.000 set APD tersebut terdiri dari sepatu bot, hazmat, sarung tangan, dan masker yang diberikan kepada RS Al Ihsan, RS Cicalengka di Kabupaten Bandung serta RS Cililin, RS Cikalong Wetan dan RS Lembang di Kabupaten Bandung Barat.


Selain APD, Dede juga menyalurkan bantuan 1.250 paket pereaksi kimia (reagen) untuk tes PCR kepada unit BSL-3 Laboratorium Sentral Universitas Padjadjaran. Bantuan itu diharapkan bisa membantu laboratirum Unpad agar bisa meningkatkan kapasitas uji Covid-19.


Kepala RSUD Al Ihsan dr. Dewi Basmala mengaku berterima kasih atas bantuan tersebut, karena APD merupakan kebutuhan dasar bagi RS untuk memberi pelayanan terbaik bagi pasien Covid-19 dengan tetap menjaga kesehatan dan keselamatan para petugas medis.


"Kebutuhan APD ini sangat tinggi, karena sifatnya disposible atau sekali pakai. Tidak bisa dipakai dua kali. Apalagi kami sendiri menerapkan standar ketat dalam APD yang digunakan, sehingga sejauh ini tidak ada petugas kami yang sakit," kata Dewi.


Di RS Al Ihsan sendiri, kata Dewi, saat ini sudah disiapkan sekitar 170 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19. Namun sejauh ini setiap hari kapasitas itu terisi oleh sekitar 50 pasien yang sebagian besar merupakan ODP dan PDP.


Sementara itu perwakilan Unit BSL-3 BSL-3 Laboratorium Sentral Unpad, Rizky mengatakan, pihaknya sudah menerima sekitar 829 sampel tes PCR pasien Covid-19 sejak awal Mei 2020. Namun dari jumlah tersebut baru sekitar 280 sampel yang bisa diperiksa.


Menurut Rizky, kendala utama pemeriksaan sampel saat ini adalah terbatasnya ketersediaan reagen dan APD bagi petugas uji. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN

INSPIRA HALAL
3 Macam Penyesalan di Hari Kiamat

02 September, 2020 | 11:31 WIB