INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bosku, Bukan Gaji Saja yang Bikin Karyawan Bahagia Tapi 4 Faktor Ini Juga Sangat Pengaruh!

Masnurdiansyah

19 May, 2020 11:06 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Bosku, Bukan Gaji Saja yang Bikin Karyawan Bahagia Tapi 4 Faktor Ini Juga Sangat Pengaruh!

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Setiap orang pasti bekerja untuk mendapatkan upah, dengan begitu penghasilan gaji bisa digunakan untuk memenuhi banyak kebutuhan dan keinginan. Meski demikian, pada kenyatannya gaji bukanlah hal yang membuat seorang karyawan merasa bahagia.

 

Dilansir dari cermati.com, setidaknya ada 4 hal yang membuat karyawan bahagia apa saja itu, nah para bos silahkan simak dan resapi baik-baik yah:

 

1.       Dukungan Perusahaan Terhadap Inovasi Karyawan


Selain gaji, hal lain yang diharapkan seorang karyawan dari perusahaan adalah pengalaman. Mereka bekerja untuk mengembangkan diri dan mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Salah satu pengembangan diri tersebut yaitu dengan memberikan ide dan inovasi baru terhadap perusahaan. Ide dan inovasi yang diberikan kepada perusahaan diharapkan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan itu sendiri.

 

Karena ide dan inovasi tidak didapatkan dengan mudah. Terkadang melalui pemikiran yang panjang maka mereka mengharapkan dukungan dari perusahaan untuk mewujudkannya. Pimpinan pun tidak harus memberikan intervensi terhadap daya jelajah karyawannya.

 

Saat inovasi seorang karyawan mendapatkan dukungan perusahaan, maka dia akan merasa dihargai sehingga memberikan kebahagiaan tersendiri. Karena merasa dihargai dan bahagia maka mereka tidak akan takut untuk menyampaikan inovasi lainnya. Bos, bukankah terget tercapai jadi tujuan anda dan perusahaan?

 

2.       Merasa Dihargai dan Diakui


Nih Bosku, hal yang sederhana selanjutnya yang bisa membuat seorang karyawan bahagia adalah merasa bahwa dirinya dihargai dan diakui. Untuk hal ini, pemimpin atau atasan berperan penting di dalamnya karena karyawan akan merasa dihargai dan diakui berdasarkan sikap seorang pemimpin yang bijaksana.

 

Pada dasarnya semua manusia ingin dihargai dan diakui, termasuk dengan karyawan. Jika seorang karyawan memberikan ide baru dan ternyata masih kurang sesuai dengan visi perusahaan maka hargai ide tersebut dengan mendiskusikannya kembali. Dengan begitu karyawan tidak merasa kecewa, meskipun ide yang disampaikan masih belum diterima.

 

Pemimpin juga bisa menghargai dan mengakui karyawan dengan memberikan penghargaan sederhana. Tidak harus berbentuk uang atau benda, penghargaan tersebut bisa berbentuk traktiran makan setelah tim berhasil menyelesaikan proyek dengan sempurna.

 

Seorang pemimpian yang baik dan kuat mengetahui jika tim merupakan aset paling penting dan juga berharga. Untuk memastikan bahwa tim adalah aset paling berharga, maka pemimpin wajib membuat setiap anggota tim merasa dirinya maupun pekerjaannya dihargai.

 

3.       Waktu Libur Tambahan


Seorang karyawan kantoran setidaknya menghabiskan waktunya selama 8 jam hingga 9 jam dalam sehari. Jadi hampir separuh waktunya dihabiskan untuk bekerja di kantor. Waktu yang panjang di kantor tersebut, tidak heran jika karyawan kantor merasa lelah dan jenuh untuk beraktivitas. Adanya waktu libur tambahan ternyata mampu membuat mereka merasa bahagia dibandingkan dengan gaji besar.

 

Tidak banyak perusahaan yang memberikan waktu libur tambahan sehingga waktu tersebut akan terasa istimewa dan menyenangkan. Waktu libur tambahan ini tidak perlu lama-lama namun yang pasti bisa melepas kelelahan karyawan.

 

Selain itu, waktu libur tambahan ini bisa diwujudkan dengan liburan bersama seluruh karyawan ke destinasi wisata tertentu. Tidak hanya mampu meningkatkan kebahagiaan karyawan karena mendapatkan liburan gratis, hal ini juga bisa mendekatkan hubungan antar karyawan sehingga tim akan menjadi lebih solid.

 

4.       Fasilitas dan Alat Penunjang Kerja di Kantor


Hal sederhana selanjutnya yang bisa membuat karyawan merasa bahagia adalah fasilitas yang ada di ruang kantor. Hal ini mampu meningkatkan kenyamanan karyawan, sehingga berujung pada mood dan kebahagiaannya.

 

Jadi usahakan untuk memberikan karyawan fasilitas yang mendukung sehingga membuat mereka merasa bahagia. Contoh dari fasilitas di kantor yang membuat karyawan bahagia adalah mesin pembuat kopi, kursi dan meja kerja yang nyaman, ruang bersantai, dan lain sebagainya. Mesin pembuat kopi menjadi salah satu fasilitas yang membuat karyawan bahagia karena ketika merasa lelah mereka bisa mengobatinya dengan membuat kopi.  Bosku sudah punya? Tolong pikirkan hal itu yah.

 

Fasiilitas lainnya juga harus bisa dipenuhi sesuai dengan bidang perusahaan yang dijalankan oleh kalian.Dengan fasilitas dan alat kerja yang menunjang, bisa jadi karyawan anda bersemangat dalam bekerja dan bisa mengeksplor kreatifitas dalam kerja. (GGP)

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRATAINMENT LAINNYA