INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

RSI Muhammadiyah Kendal Tambah 14 Ruangan Isolasi Khusus Tangani Covid-19

Irfan Wahyudi

19 May, 2020 12:04 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - RSI Muhammadiyah Kendal Tambah 14 Ruangan Isolasi Khusus Tangani Covid-19

Foto : Istimewa

KENDAL INSPIRA.TV,- Sebanyak 14 kamar khusus isolasi pasien Covid-19 dipersiapkan pihak Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah Kendal.

 

Direktur RSI Muhammadiyah Kendal, dr Suhadi, mengatakan, 14 kamar isolasi tersebut sebagai upaya penambahan jumlah ruang isolasi di Kabupetan Kendal. Nantinya ruangan kamar tersebut dapat dimanfaatkan utnuk merawat pasien Covid-19. Ruangan tersebut terpisah dari runag perawatan lain dengan akses khusus.

 

"Ini yang sudah ready 100 persen baik kamar dan fasilitas penunjang lainnya baru 3 kamar di bangunan baru. Sisanya masih penyempurnaan pekan depan siap dipakai," ujar Suhadi pasca peresmian bangunan ruang isolasi di Kendal, Selasa (19/5/2020).

 

Dibuatnya ruangan isolasi sendiri lantaran ruang isloasi yang tersedia di rumah sakit rujukan di Kendal sering penuh.

 

Katanya, total 6 pasien yang pernah dirawat di RSI Kendal tidak mendapat ruang isolasi untuk rujukan. Para pasien  gejala Covid-19 itu pun pada akhirnya dirujuk ke rumah sakit di luar Kendal.

 

Meski begitu, Suhadi menegaskan, RSI Kendal mulai merawat pasien Covid-19 lebih intens. Masyarakat jangan khawatir untuk berobat dan menjalani perawatan di tempat yang sama, karena ruang isolasi yang dipersiapkan khusus terpisah dari ruang perawatan lainnya. Jalur akses masuk dan keluar pun tampil berbeda tanpa mencampuri jalur pasien umum.

 

"14 kamar siap digunakan. Kita berusaha berikan sumbangsih kepada masyarakat sebagaimana tugas seorang tenaga medis, kita siapkan fasilitas dan tenaga kita," terangnya.

 

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, Muslim Rahmadi, mengapresiasi upaya rumah sakit dalam membantu penanganan Covid-19.

 

Ia berharap para tenaga medis yang dipersiapkan harus siap hadir membantu penanganan pasien corona.

 

"Kita memang harus tampil membantu masyarakat. Ini merupakan bagian dari ibadah. Tim medis semua harus siap fisik maupun sarana dan prasarana yang diperlukan. Saat ini masyarakat sangat membutuhkan kehadiran para tenaga medis. Berikan semua kemampuan yang dimiliki," harapnya. (MSN)

You can share this post !