INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kondisi Kebun Binatang Indonesia Kritis, 92,11% Anggota Hanya Mampu Bertahan Sebulan

TIM REDAKSI

20 May, 2020 17:59 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kondisi Kebun Binatang Indonesia Kritis, 92,11% Anggota Hanya Mampu Bertahan Sebulan

Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,- Berdasarkan survei internal dari 60 anggota PKBSI (Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia), kemampuan bertahan kebun binatang (KB) untuk pemberian pakan hanya kurang dari satu bulan saja.


Sedangkan KB yang mampu bertahan menyediakan pakan selama jangka waktu 1- 3 bulan sebanyak 5,26 %. KB yang mampu menyediakan pakan lebih dari 3 bulan hanya berkisar 2,63%. Artinya, 90% anggota PKBSI hanya bisa bertahan dalam satu bulan.


Salah satu prioritas mendesak bagi kelangsungan hidup KB, khususnya kesehatan dan kesejahteran satwa koleksinya adalah penguatan ketahanan pakan.    


Mengacu ke situasi krisis ini,  hampir seluruh manajemen KB melakukan penyesuaian terhadap manajemen pakan satwa. Mulai dari penggantian menu, pengurangan porsi hingga pendekatan manajemen pakan lainnya. Tentu tetap bedasarkan pada etika hewan maupun kesehatan dan kesejahteraan satwa.   


Salah satu KB yang terdampak adalah Kebun Binatang Bandung yang tutup hingga 29 Mei mendatang. Mengacu pada status darurat covid-19 yang ditetapkan BNPB hingga 29 Mei mendatang.


Pengelola KB Bandung berupaya tetap menjaga satwa-satwa dalam kondisi sehat dan fit. Pengelola juga memberikan sistem kerja bergantian pada karyawan untuk memberi pakan pada satwa-satwa yang ada di kebun binatang Bandung. 


”Selama ini karyawan harian kami sudah di rumahkan namun akan dipanggil kembali saat kebun binatang dibuka. Untuk satwa kami upayakan tetap dalam kondisi bugar dan tetap bisa dilakukan beberapa latihan yang dilakukan setiap hari. Mereka juga harus terpapar matahari agar sehat,” ujar Marcomm KB Bandung Sulhan Syafi’i.


Untuk menjaga 850an satwa yang ada di KB Bandung,  manajemen mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk pemberian pakannya.


Di Semarang, Bonbin Mangkang (Semarang Zoo) juga dalam kondisi kritis dan sejak 2 minggu terakhir masuk dalam status lampu merah. Kondisi tersebut dihadapi karena kebun binatang yang berada di jalan raya semarang kendal KM 17 tersebut harus ditutup sejak lebih dari sebulan terakhir. 


Menurut Samsul Bahri Siregar, Direktur Semarang Zoo, biaya operasional mereka, khusus makan satwa mencapai Rp 120 juta / bulan.


“Sedangkan gaji karyawan mencapai Rp 100 juta setelah di PHK dan dirumahkan. Tidak menutup kemungkinan bulan Mei karyawan akan kami PHK kecuali keeper satwa tetap harus kerja dan masuk setiap hari,” ujar Samsul.


Angka gaji karyawan tersebut dibutuhkan untuk sebagian besar membeli pakan satwa terutama carnivor yang jumlahnya banyak. Tercatat ada 12 ekor harimau benggala, 2 ekor singa afrika, dan 30 ekor ekor. Sedangkan satwa herbivor yang juga termasuk membutuhkan pakan banyak yakni 2 ekor gajah,  2 ekor unta, 36 rusa timor dan belasan satwa lainnya.  


“Kondisi tersebut menguras cadangan keuangan karena karnivor perlu diberi makan daging setiap 2 hari sekali rata-rata 5 sampai 6 kg per ekor. Selama ini mereka memberikan pakan berupa kombinasi daging sapi yang dioplos dengan daging ayam, tidak menutup Babi pun bisa,” ungkap Samsul.


Dalam kondisi tersebut Semarang zoo tetap harus memberi pakan semua satwanya yang berjumlah 286 satwa. Karena itulah sejak dua minggu terakhir Semarang zoo sudah mengibarkan bendera putih.


Menurut Samsul mereka membutuhkan daging ayam 180 kg/minggu dan daging sapi 40 sd 50 kg/ setiap minggunya untuk memberi pakan semua karnivora yang berada di Semarang zoo.



Inspira Peduli Ajak Kamu Bantu Satwa Agar Tidak Kelaparan


Melalui link donasi https://kitabisa.com/campaign/bantusatwabertahanhidup Inspira Peduli mengajak kamu bersatu bantu kebun binatang Indonesia agar bisa bertahan dan satwa tak kelaparan di masa pandemi dengan cara: 

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran 

4.DONASI

Berapapun nominal yang kamu berikan, pasti akan berarti untuk keberlangsungan hidup para satwa. (HAP)

You can share this post !