INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

BMKG Jelaskan Situasi Kota Bandung Saat Terjadi Suara Dentuman Misterius

Happy Adisti

21 May, 2020 11:40 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - BMKG Jelaskan Situasi Kota Bandung Saat Terjadi Suara Dentuman Misterius

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,-  Suara dentuman yang terdengar di langit Kota Bandung dan sekitarnya pada pagi hari, Kamis (21/5/2020) terdengar beberapa kali. Berdasarkan keterangan warga, dentuman terdengar di sejumlah wilayah di Kota Bandung hingga Kabupaten Bandung.

 

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung Tony Agus Wijaya, menjelaskan, hingga pukul 10.00WIB tidak ada faktor cuaca dan kegempaan yang dapat menyebabkan munculnya suara dentuman berulang tersebut.

 

"Dari analisa faktor gempa, cuaca dan petir, hari ini di sekitar Bandung tidak ada kejadian gempa bumi sejak pukul 00.00 hingga pukul 10.00," ungkapnya, Kamis (21/5/2020).

 

Dentuman tersebut terdengar antara lain di daerah Kopo-Katapang, Buah Batu, Astana Anyar, Rancamanyar, sebagian kawasan Cimahi, hingga kawasan Soreang, Kabupaten Bandung.

 

Tony melanjutkan,  cuaca di area Bandung Raya pun sejak pagi hari hingga pukul 10.00 terpantau cerah dan berawan. Tidak terjadi hujan ataupun petir.

 

"Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya antara pukul 8.30 hingga pukul 10.00. Hanya Ada 1 petir di Yogyakarta, terekam oleh alat di Lembang," lanjutnya.

 

Tony mengatakan penyebab suara dentuman tersebut perlu dianalisis dari faktor lain. Sejauh ini, tidak ada faktor cuaca, gempa, ataupun petir yang terjadi di Bandung Raya yang dapat menjelaskan suara tersebut.

 

"Perlu dianalisis penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," ungkapnya. (MSN) 

You can share this post !