INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Terkejutnya Warga Desa Nagrak Temukan Batu Raksasa Misterius Jejak Sangkuriang atau Siliwangi

Boby Roska

12 February, 2020 15:25 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Terkejutnya Warga Desa Nagrak Temukan Batu Raksasa Misterius Jejak Sangkuriang atau Siliwangi

Foto : Boby Roska

SUMEDANG,- Warga Desa Nagrak yang tinggal di kaki Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terjkejut saat menemukan ribuan batu dengan ukuran yang besar di wilayah perkebunan mereka. Batu-batu sebagian berbentuk persegi panjang dan kotak tersebut dipercaya warga sebagai peninggalan zaman kerajaan di Sumedang.


Batu-batu tersebut terhampar hingga sepanjang seratus meter. Saat itu warga sedang membuka jalan ke area perkebunan, namun alangkahnya terkejutnya mereka melihat pemandangan yang tak biasa.


Pemerintah Kecamatan Buahdua bersama unsur kepolisian Polsek Buahdua meninjau lokasi ditemukannya ribuan batu berukuran besar. Sebagian batu tersebut ada yang berbentuk persegi panjang dan kotak.


"Awalnya ada warga yang laporan bahwa ditemukan banyak sekali batu. setelah di cek ternyata benar ukurannya pun ada yang 10 meter terhampar 100 meter di lahan sekitar satu hektar. Jadi ada kegiatan pembagian jalan usaha tani. Ada warga yang lapor ada batu unik. Katanya bisa jadi potensi wisata," kata Kepala Desa Nagrak Erwin Kuntana, Rabu (12/2/2020).


Jejak Kerajaan Siliwangi Hingga Sangkuriang


Sementara itu, Camat Buahdua Tono Suhartono, menyebutkan segera menggandeng ahli sejarah. Sebelumnya Tono juga sudah berkonsultasi dengan pemerintah kabupaten. Banyak yang manafsirkan serta mengaikatkan batu raksasa tersebut dengan legenda zaman dulu. Bahkan menurut warga setempat batuan tersebut kemungkinan jejak dari kerajaan Siliwangi, hingga berkaitan dengan sejarah Sangkuriang.


“Pemerintah kecamatan dan desa akan berkoordinasi dengan pihak geologi untuk melakukan penelitian lebih lanjut, terkait penemuan ratusan batu disini. seperti jenisnya dan usia batu tersebut,” ucap Tono.


Sebagian warga berpendapat jika batuan raksasa tersebut merupakan bekas Sangkuriang yang tidak tuntas dalam membangun sebuah candi.


"Kata orang aja, itu batu bekas Sangkuriang yang nggak bisa bangun candi,"kata dia.


Dia menduga masih ada batu batu lainnya yang tertimbun di bawah tanah di lokasi tersebut. Rencananya lokasi tersebut juga akan dijadikan kawasan wisata dibawah batuan tersebut mengalir sumber air yang jernih. "Kami masih kaji," kata Tono. (MSN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA TRAVEL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN