INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ada ‘Danau’ di Lokasi Longsor KBB, Petugas Gabungan Lakukan Penyelidikan

Nur Azis

13 February, 2020 14:22 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Ada ‘Danau’ di Lokasi Longsor KBB, Petugas Gabungan Lakukan Penyelidikan

Foto : Istimewa

KBB,- Longsor yang terjadi di Kampung Hegarmanah, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada hari Selasa (11/2) malam kemarin, diduga karena tersumbatnya aliran air di area ruas Tol Purbaleunyi KM 118. Akibatnya, air yang seharusnya mengalir malah membentuk semacam danau buatan sedalam 15 meter.


Lantas, petugas gabungan dari BPBD, Polres Cimahi, Balai Besar Wilayah (BBW) Sungai Citarum, dan Jasamarga, membentuk tim satgas untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebab pastinya. Diduga danau genangan air itulah yang menjadi penyebab longsor hingga melanda Kampung Hegarmanah.


Danau ini terjadi sebulan  yang lalu. Saat longsor pertama terjadi di dekat jalan tol, pasca adanya pengurugan tanah , mengakibatkan saluran gorong-gorong air tersumbat hingga volume genangan air pun meninggi.


“Sebelum ada Jalan Tol Purbaleunyi, lokasinya seperti ini, ini kan pake gorong-gorong dua, ternyata ada longsor dari situ ternyata tertutup air, lama-kelamaan meluap, warga sudah laporan ke Jasamarga, “ ujar Warman, salah seorang warga setempat, Kamis (13/2020).


Petugas gabungan pun lantas menyelidiki keterkaitan danau tersebut dengan kejadian longsor tebing setinggi 20 meter tersebut. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Duddy Prabowo, mengungkapkan jika genangan air yang menyerupai danu tersebut hingga ini belum bisa disimpulkan, apakah sebagai factor utama longsor atau bukan. Karena hingga kini tim di lapangan masih melakukan penyelidikan.


“Kita liat tadi sama-sama kita saksikan, sebelah jalan tol lokasinya tidak terlalu jauh dari bahu tol lokasi mahkota longsoran. Tapi saya kira kita masih menunggu kajian geologi,” tuturnya.


Sementara itu pihak PT Jasamarga membenarkan telah terjadi penyumbatan air dalam gorong-gorong, hingga menyebabkan genangan air. Saat ini pihaknya sedang berupaya untuk membuat saluran air.


“Ada endapan, tapi sekrang kita upayakan untuk membuat saluran karena memang salurannya tersumbat," pungkas Humas PT Jasamarga, Nandang Elan.


Untuk mencegah adanya longsor susulan, pihak BPBD setempat berencana akan menerjunkan kendaraan pemadam kebakaran, untuk menyedot air dari genangan air yang menyerupai danau itu, untuk mengurangi volume air. 

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN