INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kena Deh! Tidak Punya IMB Gerai Starbuks Disegel Pol PP Semarang

Irfan Wahyudi

13 February, 2020 14:54 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kena Deh! Tidak Punya IMB Gerai Starbuks Disegel Pol PP Semarang

Foto : Irfan Wahyudi

SEMARANG,- Sebuah bangunan yang rencananya akan dibangun gerai Starbuks, yang berada di Museum Mandala Bhakti disegel Satpol PP Kota Semarang, Jawa Tengah.


Penyegelan dilakukan karena Starbuks tidak memiliki izin untuk mendirikan bangunan. Beberapa pekerja masih terlihat bekerja untuk meneruskan proyek tersebut pun terhenti. Petugas Satpol PP yang datang langsung menginstruksikan mereka untuk segara menghentikan aktifitas kerjaannya dan langsung menyegel bangunan tersebut. 


“Kita hentikan semua proses pembangunannya, karena tidak memiliki izin. Baik Izin Mendirikan Bangunan (IMB) maupun izin yang lainnya,” ujar Kasat Pol PP, Fajar Purwoto, Kamis (13/2/2020).


Selain tak memiliki izin, bangunan Starbucks ini berdiri di lahan yang salah yakni lahan cagar budaya. Pihak Satpol PP tidak akan mempermasalahkan apapun selama hal itu tidak bertabrakan dengan aturan dari Pemkot Semarang.


“Kita tidak mempersoalkan mau untuk apa, asalkan taati aturan Pemkot Semarang, perizinan, IMB dan lain-lain. Bangunan yang tidak memiliki izin akan kita tutup,” tutur Fajar.


Pasca penyegelan yang dilakukan pada hari Rabu (12/2) kemarin, pihaknya akan segera memanggil terhadap pemilik lahan untuk menanyakan perizinannya. Satpol PP Kota Semarang akan memberikan waktu selama tujuh hari untuk melengkapi proses pembangunan.


“Jika nanti dari tujuh hari tidak ada klarifikasi dan itu ternyata tidak boleh ada bangunan baru di cagar budaya, maka bangunan akan kita robohkan,” tegasnya.


Tindakan tegas dilakukan karena pembangunan gerai Starbuks Tugu Muda ini melanggar Perda No 5 Tahun 2009 tentang bangunan. Sementara itu sang mandor bangunan, Somad, saat akan dimintai keterangan oleh awak media, dirinya enggan berkomentar. Ia berkilah jika hanya sebagai pegawai biasa saja yang sedang mengawasi pembangunan tersebut. (MSN)

 

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN