INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Sudah Tiga Bulan Seniman Campursari Gunungkidul Tak Terima Job Selama Pandemi Corona

Setya Budi

05 June, 2020 09:42 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Sudah Tiga Bulan Seniman Campursari Gunungkidul Tak Terima Job Selama Pandemi Corona

Foto: Setya Budi

ADANYA pandemi covid-19 telah memukul beragam sektor usaha dan jasa di Kabupaten Gunungkidul.


Salah satu yang merasakan dampaknya adalah pelaku seni musik hiburan campursari. Ratusan orang yang bergelut di bidang profesi campursari menganggur akibat tidak ada kegiatan panggung.


Edi Bowo Dharminto, salah satu pelaku seni campursari mengaku sudah tiga bulan terakhir menganggur akibat tak adanya job. Pandemi covid-19 membuat jadwal manggung yang sudah tersusun terpaksa dibatalkan.


"Sudah sejak Maret lalu tidak lagi menerima job..Banyak jadwal manggung yang dibatalkan akibat covid ini," kata Bowo yang sudah belasan tahun berkecimpung di dunia campursari.


Akibat menganggur total, dirinya juga kehilangan pekerjaan. Tiga bulan terakhir Bowo dan rekan seniman lain harus memutar otak untuk bisa mendapat penghasilan.


"Karena nganggur banyak teman yang beralih profesi jadi pedagang online kuliner, jualan sembako. Ada juga yang tetap berkreasi seni membuat konten hiburan di Youtube," ujar Bowo.


Saat kondisi normal, Bowo dan rekan bisa mendapatkan jadwal manggung hingga 20 kali dalam sebulan. Sebenarnya, momen Syawal adalah saat tersibuk bagi dirinya, karena hampir sebulan penuh biasa manggung dari satu tempat ke tempat lain, bahkan hingga luar Gunungkidul.


Para pekerja seni campursari hanya bisa berharap, kondisi bisa segera membaik, sehingga  bisa kembali bekerja sekaligus berkarya. 


Hiburan campursari adalah seni musik asli Gunungkidul. Seni musik yang dipopulerkan seniman Manthous ini menjadi hiburan rakyat dari beragam kalangan. Pertunjukan campursari lazim ditemui saat acara hajatan ataupun pertunjukan seni lain yang mampu mengundang animo banyak warga.(HAP)

You can share this post !