INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tagihan Bengkak, PLN Sulselrabar Izinkan Pelanggan Cicil Bayar Listrik Selama 3 Bulan

Muhammad Imran

08 June, 2020 09:36 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Tagihan Bengkak, PLN Sulselrabar Izinkan Pelanggan Cicil Bayar Listrik Selama 3 Bulan

Foto : Ilustrasi

MAKASSAR INSPIRA.TV,- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara memberikan solusi atas adanya tudingan kenaikan tarif listrik dimasa pandemi Covid-19.

 

PLN memberikan solusi dengan cara 40% selisih rekening Juni 2020 terhadap tagihan listrik Mei 2020 ditagihkan pada rekening bulan Juni 2020. Sisanya sebesar 60% dapat dicicil 3 bulan yang dimulai pada rekening bulan Juli 2020.

 

General Manager PT PLN (Persero) UIW Sulselrabar, Ismail Deu menekankan bahwa tidak ada kenaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) saat ini.

 

“Dari tahun 2017 hingga saat ini harga rupiah per kWh masih tetap atau tidak mengalami kenaikkan," ujarnya, Senin (8/6/2020).

 

Sementara terkait terjadinya lonjakkan kenaikkan tagihan rekening listrik pada bulan Juni sebagian pelanggan dikarenakan tagihan listrik pada bulan April dan Mei menggunakan perhitungan rata-rata pada 3 bulan sebelumnya.

 

Pengambilan perhitungan rata-rata tersebut akibat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menyebabkan petugas Cater PLN tidak dapat melakukan pembacaan langsung ke rumah-rumah pelanggan.

 

lebih lanjut, untuk tagihan listrik bulan Juni 2020, PLN telah memberlakukan kembali pencatatan stand meter langsung ke rumah pelanggan sehingga diperoleh angka stand meter yang sebenarnya atau riil.

 

Kondisi ini menyebabkan adanya lonjakkan tagihan listrik bulan Juni akibat pemakaian bulan Maret, April dan Mei yang belum tertagih karena menggunakan perhitungan rata-rata.

 

“Kenaikan tagihan listrik ini disebabkan oleh peningkatan konsumsi listrik oleh pelanggan pada saat PSBB, masyarakat banyak beraktifitas di rumah. Ditambah lagi, kenaikan konsumsi listrik pada bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri,” tambahnya. (MSN)

 

You can share this post !