INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Telkom University Kirim Mobile Robot Bantu Penanganan Covid-19 di Jawa Timur

Agustian Putra

08 June, 2020 20:04 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Telkom University Kirim Mobile Robot Bantu Penanganan Covid-19 di Jawa Timur

Foto: Istimewa/Dok. U-Tel

BANDUNG INSPIRA.TV,- Ikut berkontribusi dalam penanggulangan  Covid-19 di Surabaya, Telkom University mengirimkan Autonomous UVC Mobile Robot pada Selasa, (8/6/2020).


Jawa Timur dipilih karena hampir seluruh Kabupaten di wilayah itu memiliki pasien positif Covid-19 yang cukup tinggi, khususnya di Kota Surabaya yang termasuk dalam zona merah pekat.


Pengiriman AUMR Tel-U ke Surabaya ini dibawa langsung menggunakan pesawat khusus oleh Menteri Kesehatan Terawan.


AUMR ini nantinya akan langsung dibawa ke Gedung Negara Grahadi. Selain AUMR, ada juga penyerahan bantuan lain berupa ventilator dan Alat Pelindung Diri (APD). 


AUMR nantinya akan menjalankan tugasnya di RS Lapangan. Sebagai informasi, RS Lapangan Indrapura saat ini memiliki 271 tempat tidur yang tersedia di tenda, ruangan besar atau hall, dan di dalam gedung. Jumlah kapasitas tersebut masih dapat dikembangkan secara bertahap dengan total maksimal hingga 512.


AUMR merupakan Robot yang mempunyai fungsi disinfeksi dan sterilisasi pada ruang isolasi pasien covid-19 ini tidak menggunakan cairan disinfektan, ttetapi menggunakan sinar Ultraviolet dengan spektrum yang telah dikaji sehingga bisa membunuh berbagai jenis virus termasuk Virus Corona.


Sebelumnya, AUMR ini berhasil diuji cobakan di Rumah Sakit Darurat, Wisma Atlet, Jakarta. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN