INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tips Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Bobby Roska

14 June, 2020 09:28 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - Tips Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Foto: Dok Depkop.go.id

WABAH Covid-19 telah mengganggu roda perekonomian bisnis di tanah air. Para pelaku bisnis berlomba untuk memutar otak, agar lahan usahanya tidak sampai gulung tikar. Banyak yang mencari celah sekecil mungkin agar dapat mendongkar kembali gairah perputaran ekonominya.

 

Berikut hal-hal yang dapat menjadi acuan dalam mempertahankan bisnis dan peluang usaha, di era pandemi Covid-19.

 

1. Kita mungkin harus memulai melakukan riset untuk mengidentifikasi masalah serta peluang yang dapat dilakukan. Seperti mendengarkan saran dan kritik atau keluhan dari semua pihak terlebih kita harus mau mennggali lebih dalam tentang jaringan bisnis yang sedang kita lakoni. Bisa jadi berguna untuk memodifikasi menciptakan inovasi baru.

 

2. Jika kebetulan kita memulai bisnis saat pandemi, jangan patah semangat. Peluang selalu ada asalkan kemauan dan tekad yang dimiliki tinggi. Kita bisa memulai menawarkan produk yang hendak kita jual seperti menjual kebutuhan rumah tangga, masker, makanan, produk

kesehatan, dan lain-lain yang sekiranya tengah dibutuhkan saat ini.

 

3. Jika pemasaran kita cukup berhasil, harus ada langkah selanjutnya yakni memastikan persediaan barang memadai. Bilamana terjadi lonjakan permintaan, sementara modal kita terbatas, tentu kita dapat memanfaatkan jaringan bisnis untuk diajak kerja sama. Semisal menjalin kerjasama dengan pihak pemasok atau menyedia barang.

 

4. Sebagai pelaku bisnis, peningkatan kiat keandalan sangat diperlukan disini. Kepercayaan dari para konsumen bisa pula dijadikan modal acuan penyemangat, bagi kita dan pihak-pihak yang ada disekitar kita. Seperti contoh turut mendukung para tenaga medis dengan cara memberi bantuan perlengkapan kesehatan, ataupun makanan dari hasil penjualan barang kita.

 

5. Banyak informasi palsu dan menyesatkan di masa pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis kita wajib cek ricek dan verifikasi kebenaran informasi tersebut. Apalagi dalam dunia usaha, kita jangan asal-asalan dalam membuat produk ataupun konten. Berbagai info yang didapat, harus sedapat mungkin bisa kita selami lebih jauh untuk mendapatkan peluang pemasaran, terlebih saat ini media daring tengah menjadi primadona disetiap lapisan masyarakat. (WOK)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FINANCE LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN