Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mahfud MD Usul ke Jokowi Tingkat Polsek Tidak Lakukan Penyelidikan dan Penyidikan

Raka Prawira

21 February, 2020 10:43 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Mahfud MD Usul ke Jokowi Tingkat Polsek Tidak Lakukan Penyelidikan dan Penyidikan

Foto : Google.com

JAKARTA,- Menko Polhukam Mahfud MD, memberikan usul kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar setingkat Polsek tidak melakukan upaya penyelidikan dan penyidikan terhadap suatu kasus.


Apa alasannya?


"Polsek itu kalau bisa tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi dia bangun tertib dan nyaman, pengayoman ke masyarakat. Soal kasus pidana itu ke polres kota dan kabupaten," kata Mahfud, Jumat (21/2/2020).


Menurutnya, ada kecenderungan jika Polsek menggunakan sistem 'target' dalam penanganan perkara.


"Karena ini Polsek kan sering kali pakai sistem target. Kalau nggak pakai pidana, dianggap tidak bekerja. Lalu yang kecil-kecil yang harusnya diselesaikan dengan restorative justice, perdamaian, kekeluargaan, seharusnya yang itu ditonjolkan. Jadi polsek tidak cari-cari perkara," jelasnya.


Dalam pertemuan tersebut, selain sebagai Menkopolhukam, Mahfud juga bertindak sebagai Ketua Kompolnas. Menurutnya, usulan agar Polsek tidak menangani perkara hukum datang dari kajian Kompolnas.


"Kompolnas itu sebuah lembaga yang dibentuk untuk beri usulan kebijakan kepada presiden. Untuk perbaiki atau membuat kinerja Polri itu baik. Dan sekarang kami sampaikan ke presiden. Karena ketua Kompolnas itu Menkopolhukam," tuturnya.


Presiden masih mempertimbangkan usulan dari Kompolnas. Saat ini, Mahfud melanjutkan, restorative justice saat ini belum diterapkan dengan baik, karena penegakan hukum hingga tingkat terendah seperti Polsek masih mengedepankan penindakan. (GGP)

 ‚Äč

You can share this post !