INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pertama di Indonesia, Mahasiswa di Makassar Buat Masker 3 Dimensi

Muhammad Imran

16 June, 2020 11:22 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Pertama di Indonesia, Mahasiswa di Makassar Buat Masker 3 Dimensi

Foto: Muhammad Imran

MAKASSAR INSPIRA.TV,- Mahasiswa di kota Makassar membuat terobosan terbaru dengan menciptakan masker 3D yang diperuntukkan bagi tenaga medis.


Masker 3D yang diberi nama Ergonomis tersebut dibuat oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan diklaim pertama di Indonesia. 


Ketua tim pembuatan masker, Rifdat Indratno mengatakan bahwa masker 3D tersebut dibuat untuk mengatasi kekurangan masker medis.


"Masker 3D Ergonomis dibuat untuk menjawab kekurangan masker medis, masker ini juga sangat praktis digunakan , dan ringan sehinggat sangat cocok buat tenaga medis," ujarnya saat ditemui, Senin (15/06/2020).


Sementara itu, desainer masker 3D Ergonomis, Firman mengatakan dalam pembuatan 1 buah masker dibutuhkan waktu selama 5 jam. 


"Kita membutuhkan 5 jam untuk membuat 1 masker dengan menggunakan 10 meter plastik PLA dengan menggunakam mesin khusus untuk membuat 1 masker," ungkap Firman.


Ia menambahkan keunggulan lain dari masker 3D tersebut yaitu droplet tidak menempel jika memakai masker 3D dibandingkan masker kain biasa. Sementara itu masker 3D mengikuti bentuk wajah sehingga nyaman saat digunakan.


Dalam tahap awal, mahasiswa FTI UMI Makassar membuat 25 prototype masker 3D pertama di Indonesia dengan biaya produksi untuk 1 masker adalah Rp 40.000. Meski sudah dalam tahap pembuatan, namun masker tersebut tidak akan diperjualbelikan. (HAP)

You can share this post !