INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Banting Stir, Warga Asal Gowa Ini Ubah Limbah Kayu Jadi Barang Bernilai Tinggi

Muhammad Imran

17 June, 2020 10:20 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - Banting Stir, Warga Asal Gowa Ini Ubah Limbah Kayu Jadi Barang Bernilai Tinggi

Foto: Muhammad Imran

MAKASSAR INSPIRA.TV,- Dampak pandemi corona membuat kesulitan ekonimi bagi berbagai pihak, tak terkecuali bagi  yang mencari nafkah di bidang  interior.


Irwan Dg. Rola  yang bermukim di kabupaten Gowa misalnya, semenjak wabah Covid-19 melanda, ia merasakan dampak yang luar biasa, lantaran jasa untuk menginterior rumah dan membuat furniture rumah jadi terhambat dan tak ada lagi proyek yang datang.

Irwan lalu beralih profesi dengan membuat kerajinan jam dinding. Namun ada yang berbeda dengan jamnya.

Jika biasanya jam dibuat dari bahan plastik, di tangannya, bahan limbah kayu yang ia dapatkan dari tetangganya bisa disulap menjadi kerajinan bernilai tinggi.

Saat ditemui Inspira.TV di kediamannya di jalan Palantikang Sungguminasa, Kab. Gowa, Irwan bercerita alasannya beralih membuat kerajinan jam dinding  dari limbah kayu.

"Dihari-hari biasa jauh sebelum wabah Covid-19 itu, biasanya saya kerjakan mendesain rumah dengan motif cat yang memiliki ciri khas dan membuat interior rumah, tetapi wabah ini membuat saya untuk beralih membuat kerajinan jam dinding dari limbah kayu," ujarnya.

Ia mampu memproduksi jam dinding dengan berbagai macam bentuk sesuai yang diminta oleh konsumen yang dijual mulai harga Rp 40.000 hingga Rp 85.000 perbuahnya.

"Saya buat jam dinding tersebut dengan bahan dasar kayu yang dibentuk sedemikian rupa, selain itu juga pelanggan atau pembeli dapat memesan bentuk jam dinding sesuai dengan keinginannya," katanya.

Alat yang digunakan pun sederhana. Limbah kayu yang ia pakak didapat dari para tetangganya.

"Produksi jam dinding nya saya memakai alat sederhana saja, mesin produksi saya rakit sendiri karena keterbatasan alat dan uang untuk membeli, sementara bahan limbahnya saya dapat dari para tetangga yang saya olah untuk membuat kerajinan jam dinding kayu," tambahnya.

Penjualan jam dinding kayunya, ia pasarkan lewat media sosial facebook, whatsapp, dan instagram dengan akun @Rola_kreasi. (HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FINANCE LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN